Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye dan implementasinya pada mata pelajaran PAIBP kelas VIII SMP Negeri 1 Warungkiara

Wibawa, Muhamad Aditya (2023) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye dan implementasinya pada mata pelajaran PAIBP kelas VIII SMP Negeri 1 Warungkiara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (18).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh redupnya nilai-nilai pendidikan Islam dan maraknya pelanggaran yang disebabkan oleh lemahnya iman kepada Allah dan kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai pendidikan Islam. Kemudian, penulis membaca novel Rindu karya Tere Liye yang di dalamnya memuat nilai-nilai pendidikan Islam. Novel dapat menjadi sarana alternatif yang efektif untuk mengenalkan nilai-nilai pendidikan Islam kepada masyarakat, karena novel merupakan sebuah karya sastra yang saat ini sangat digemari oleh masyarakat umum, terutama para peserta didik di jenjang sekolah dasar, menengah dan atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Isi novel Rindu karya Tere Liye secara garis besar, 2) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye, 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye dengan pendidikan Islam, dan 4) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye pada mata pelajaran PAIBP kelas VIII SMPN 1 Warungkiara. Penelitian ini berdasarkan teori yang diutarakan oleh Zakiyah Darajat bahwa pendidikan Islam tidak hanya dapat disampaikan melalui perantara pengajar, seiring berkembangnya zaman, pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan media. Satu di antara media yang dapat digunakan adalah novel. Novel Rindu karya Tere Liye ini menarik untuk diteliti karena mengandung nilai-nilai pendidikan Islam serta disajikan dalam konteks kekinian. Maka, penelitian ini difokuskan kepada nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian metode analisis isi (content analysis). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah novel Rindu karya Tere Liye, adapun untuk data sekunder berupa jurnal dan buku-buku. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Isi kandungan novel rindu secara garis besar adalah tentang kisah perjalanan haji di zaman dahuu, 2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Rindu, diantaranya: a) pendidikan akidah, b) pendidikan akhlak, c) pendidikan ibadah. 3) Adanya relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel dengan pendidikan Islam, yaitu nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan peneliti relevan dengan tujuan pendidikan Islam serta memiliki tujuan yang sama yaitu dalam rangka membentuk pribadi muslim yang berakhlakul karimah. 4) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye pada mata pelajaran PAIBP kelas VIII SMPN 1 Warungkiara meliputi tujuan pembelajaran, materi dan bentuk implementasi, metode dan langkah-langkah pembelajaran, pendidik, peserta didik, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan Islam; novel Rindu karya Tere Liye; implementasinya dalam pendidikan Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Secondary Education > Lower Level Secondary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Aditya Wibawa
Date Deposited: 03 Feb 2025 03:52
Last Modified: 03 Feb 2025 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103933

Actions (login required)

View Item View Item