Keberagamaan remaja masjid di era digital: Kasus permainan digital pada remaja Masjid di Kel. Sukaasih

Muhamat, Akbar (2024) Keberagamaan remaja masjid di era digital: Kasus permainan digital pada remaja Masjid di Kel. Sukaasih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
cover

Download (217kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak

Download (140kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi

Download (208kB)
[img] Text (BAB I)
Bab1

Download (374kB)
[img] Text (BAB II)
Bab2
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB III)
Bab3
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab4
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
Bab5
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka
Restricted to Registered users only

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh permainan digital (game online) terhadap perilaku religius remaja masjid di Kelurahan Sukaasih, dengan fokus pada bagaimana era digital memengaruhi kehidupan religius mereka. Perkembangan teknologi, khususnya internet dan perangkat mobile, telah memperluas akses remaja ke berbagai hiburan digital, termasuk game online, yang berdampak pada waktu dan perhatian mereka terhadap aktivitas keagamaan. Mengacu pada Ayat 9 Surat an-Nisa, penelitian ini menyoroti risiko kecanduan game online, yang dapat melemahkan remaja dalam aspek pendidikan, moralitas, dan religiositas, seperti kecenderungan untuk bolos sekolah, kurangnya kejujuran, dan meninggalkan sholat. Penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan survei untuk mengumpulkan data. Hasilnya menunjukkan bahwa game online dapat mempengaruhi perilaku religius remaja, dengan beberapa game memberikan dampak positif pada keterampilan sosial, sementara yang lain mengalihkan perhatian dari aktivitas keagamaan. Faktor-faktor eksternal seperti media, tekanan teman sebaya, dan teknologi juga memengaruhi perilaku religius, di mana media digital dapat menjadi distraksi dari praktik religius tradisional, Program keagamaan yang memanfaatkan teknologi digital secara positif dapat membantu menjaga keterlibatan remaja dalam kehidupan religius, sekaligus menikmati kemajuan teknologi. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana era digital memengaruhi perilaku religius remaja dan menawarkan panduan untuk pendekatan yang lebih efektif dalam mengintegrasikan teknologi dengan praktik keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital; Keberagamaan; Remaja Masjid
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Sosiologi Agama
Depositing User: Muhamat Akbar
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:36
Last Modified: 03 Feb 2025 04:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103970

Actions (login required)

View Item View Item