Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jakarta

Fitrah, Ahmad Muidal (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Fiqih: Penelitian quasi eksperimen di kelas VIII SMP Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang tergolong dalam kategori rendah. Hal ini terjadi karena penerapan model pembelajaran yang cenderung dengan model konvensional dan berpusat kepada guru, sehingga pembelajaran menjadi kurang aktif dan menarik. Dengan demikian, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fiqih, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini bertujuan 1)untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada mata pelajaran fiqih 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembalajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih Pendekatan yang digunakan adalah quasi eksperimen jenis non equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu 31 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis uji-t statistik dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran fiqih menciptakan suasana kelas menjadi lebih aktif dan menarik. 2) Terdapat perbedaan hasil motivasi belajar siswa dengan model kooperatif tipe think pair share yang memperoleh nilai rata-rata 4,04 dan termasuk kategori tinggi. Sedangkan motivasi belajar siswa dengan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 3,87 dan termasuk kategori tinggi dengan selisih 0,17. 3) Terdapat hasil belajar kognitif siswa dengan model kooperatif tipe think pair share yang memperoleh nilai rata-rata 80,16 dan termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar kognitif siswa dengan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 73,26 dan termasuk kategori baik dengan selisis nilai 6,9. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada para guru untuk mengimplementasikan model pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share; Motivasi Belajar; Hasil Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Muidal Fitrah
Date Deposited: 04 Feb 2025 01:44
Last Modified: 04 Feb 2025 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103985

Actions (login required)

View Item View Item