Haq, M Ihsan Dhiya Ul (2024) Pesan-pesan sosial pada pameran foto jurnalistik paradigma: Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada pameran foto komunitas Photo’s Speak UIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
Surat Bebas Plagiasi - M Ihsan Dhiya Ul Haq.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (655kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
Abstract
Pesan-pesan Sosial pada Pameran Foto Jurnalistik Paradigma (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Pameran Foto Komunitas Photo’s Speak UIN Bandung). Sebuah foto jurnalistik merupakan penyajian informasi secara visual yang melengkapi tulisan pada berita. Foto juga dapat mepengaruhi pemahaman bagi orang yang melihatnya. Atas dasar ini, komunitas Photo's Speak mengadakan pameran foto jurnalistik Paradigma untuk mempengaruhi persepsi pengunjung agar dapat memahami sudut pandang yang berbeda dari perspektif lain akan suatu hal. Namun, sering terjadi kesalahpahaman dalam memahami pesan dari foto yang ditampilkan. Masalah inilah yang melatarbelakangi penelitian untuk melakukan analisis semiotika terhadap tanda-tanda visual pada foto cerita pada pameran Paradigma. Tujuannya adalah untuk mengungkap pesan-pesan sosial lebih dalam pada foto cerita yang ada di pameran ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rangkaian foto cerita pada pameran ini memiliki pesan sosial setelah dianalisis dengan teori triangle of meaning konsep Charles Sanders Peirce. Pada tahap sign (tanda), penelitian menemukan tanda seperti warna-warna, makhluk hidup, benda-benda mati, dan kegiatan manusia. Kemudian pada tahap object (objek), Dalam menganalisis foto cerita, penelitian ini menemukan bahwa warna-warna yang ditampilkan merepresentasikan suatu emosi atau perasaan tertentu. Selain itu, terdapat pula aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh manusia, benda-benda yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, serta tempat-tempat di mana berbagai aktivitas tersebut berlangsung. Setelah melalui tahap sign (tanda) dan object (objek), pada tahap akhir yaitu interpretant (interpretasi), penelitian tersebut berhasil menyimpulkan dan mengidentifikasi berbagai pesan sosial yang terkandung dalam rangkaian foto cerita yang dipamerkan pada pameran Paradigma. Secara garis besar pesan sosial yang terdapat pada semua foto cerita yang ditampilkan pada pameran ini memiliki pesan bahwa cara pandang atau makna dari sesuatu hal dapat berbeda tergantung bagaimana cara orang tersebut melihatnya dan memaknainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pameran Foto Jurnalistik; Semiotika Foto; Photo’s Speak; Pesan Sosial |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Verbal Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | M Ihsan Dhiya Ul Haq |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:38 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103993 |
Actions (login required)
View Item |