Merdiana, Meisya (2025) Penerapan model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) berbantuan aplikasi Desmos untuk meningkatkan komunikasi matematis dan Self-Confidence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran (19).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya meningkatkan komunikasi matematis, serta self confidence peserta didik yang didukung dari hasil studi pendahuluan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menerapkan model pembelajaran SCL. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran SCL – D. (b) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran SCL – D, pembelajaran SCL dan pembelajaran konvensional. (c) Untuk mengetahui bagaimana self-confidence peserta didik selama pembelajaran Student Centered Learning berbantuan aplikasi desmos (SCL – D) dan pembelajaran Student Centered Learning (SCL). penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan populasi sebanyak 7 kelas dan sampel sebanyak tiga kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes dengan validitas serta reliabilitas yang tinggi dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini yakni: (a) Proses pembelajaran menggunakan Student Centered Learning berbantuan aplikasi desmos berada pada kategori sangat baik. (b) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan SCL-D dengan peserta didik yang menggunakan SCL dan pembelajaran konvensional. (c) Self confidence peserta didik yang mendapatkan SCL-D dan SCL memiliki respon positif yang tinggi berdasarkan presentase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi; Self Confidence; Student Centered Learning; Desmos |
Subjects: | Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Meisya Merdiana |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:06 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104040 |
Actions (login required)
View Item |