Penerapan model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) berbantuan aplikasi Desmos untuk meningkatkan komunikasi matematis dan Self-Confidence peserta didik

Merdiana, Meisya (2025) Penerapan model pembelajaran Student Centered Learning (SCL) berbantuan aplikasi Desmos untuk meningkatkan komunikasi matematis dan Self-Confidence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran (19).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya meningkatkan komunikasi matematis, serta self confidence peserta didik yang didukung dari hasil studi pendahuluan. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menerapkan model pembelajaran SCL. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran SCL – D. (b) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran SCL – D, pembelajaran SCL dan pembelajaran konvensional. (c) Untuk mengetahui bagaimana self-confidence peserta didik selama pembelajaran Student Centered Learning berbantuan aplikasi desmos (SCL – D) dan pembelajaran Student Centered Learning (SCL). penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan populasi sebanyak 7 kelas dan sampel sebanyak tiga kelas. Instrumen yang digunakan berupa tes dengan validitas serta reliabilitas yang tinggi dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian ini yakni: (a) Proses pembelajaran menggunakan Student Centered Learning berbantuan aplikasi desmos berada pada kategori sangat baik. (b) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan SCL-D dengan peserta didik yang menggunakan SCL dan pembelajaran konvensional. (c) Self confidence peserta didik yang mendapatkan SCL-D dan SCL memiliki respon positif yang tinggi berdasarkan presentase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi; Self Confidence; Student Centered Learning; Desmos
Subjects: Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Meisya Merdiana
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:06
Last Modified: 05 Feb 2025 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104040

Actions (login required)

View Item View Item