Strategi pemasaran Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam meningkatkan kepercayaan Muzaki: Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS) Kantor Layanan Pembantu (KLP) Rancaekek Kab. Bandung

Mufidi, Kholfan Faiz (2024) Strategi pemasaran Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam meningkatkan kepercayaan Muzaki: Studi deskriptif di Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS) Kantor Layanan Pembantu (KLP) Rancaekek Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
Keterangan bebas plagiarism.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Amil Zakat Persatuan Islam (LAZ PERSIS) adalah sebuah lembaga pengelola zakat, infaq, dan shadaqah yang berkhidmat untuk meningkatkan kesejahteraan umat dalam bidang pendidikan, dakwah, sosial, ekonomi, dan kesehatan. Maka dengan hal ini LAZ PERSIS Rancaekek memerlukan strategi pemasaran untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai perlunya menitipkan zakat, infaq dan shadaqoh (ZIS) kepada lembaga, agar masyarakat mengetahui fungsi dari lembaga masyarakat sehingga ter gerakan untuk menitipkan ZIS pada Laz Persis Rancaekek. Dalam mewujudkan hal tersebut perlu adanya konsep berkenaan dengan kepercayaan muzaki. Metode Penelitian yang digunakan Penulis ini adalah Penelitian kualitatif. Metode yang dimanfaatkan oleh Penulis adalah wawancara, observasi dan pemanfaatan dokumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pemasaran, pelaksanaan pemasaran dan faktor-faktor meningkatnya kepercayaan muzaki. Laz Persis Rancaekek yang terbilang masih tahap perintisan dan belum banyak diketahui oleh masyarakat terkait keberadaannya, maka langkah awal yang dilakukan adalah agar mengetahui fungsi dan peran Laz Persis Rancaekek dalam pengolaan ZIS, sosialisasi keberadaan Laz Persis Rancaekek kepada anggota, simpatisan dan Otonom Persis juga masyarakat umum, sosialisasi keberadaan Laz Persis kepada Lembaga lain di wilayah rancaekek seperti perusahaan, pertokoan dan jenis usaha lainnya. Dengan demikian fungsi dan peran Laz Persis Rancaekek bisa tersampaikan dan dapat dipahami oleh masyarakat. Selanjutnya jangan lupa pula bahwasanya prinsip utama dalam menitipkan ZIS itu adalah menyampaikan ZIS kepada orang yang tepat atau dalam hal ini disebut mustahik. Sehingga lebih dianjurkan untuk menitipkan ZIS ini melalui amil zakat seperti Baznas termasuk juga Laz Persis Rancaekek ini, karena lembaga-lembaga zakat ini tentu akan lebih fokus lagi dalam menentukan mustahiknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Lembaga Amil Zakat; Kepercayaan Muzaki
Subjects: Islam
Islam Umum
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Kholfan Faiz Mufidi
Date Deposited: 05 Feb 2025 04:03
Last Modified: 05 Feb 2025 04:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104047

Actions (login required)

View Item View Item