Firdaus, Muhammad Taufiq (2025) Desain proyek gaya hidup berkelanjutan dengan pendekatan self-directed pada materi ekosistem untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Minimnya pengetahuan peserta didik terhadap literasi halal dalam materi ekosistem menjadi tantangan untuk memberikan pembelajaran dengan berbasis proyek gaya hidup berkelanjutan diintegrasikan dengan pendekatan self-directed. Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan proyek gaya hidup berkelanjutan. Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan desain pre-eksperimental dengan sampel secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan, instrumen tes, dan kuesioner respon. Analisis data peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis diuji dengan n-gain dibantu SPSS versi 26. Hasil keterlaksanaan proyek mengalami peningkatan setiap pertemuan dengan rata-rata 73,6% kategori terlaksana dengan baik. Peningkatan literasi halal unggul pada aspek sikap dan keterampilan berpikir kritis unggul pada indikator menyimpulkan memiliki nilai n-gain yang sama sebesar 0,42 kategori sedang. Respon peserta didik terhadap proyek paling unggul pada aspek sikap sebesar 80,6%. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis. Hal ini mendukung hipotesis penelitian dengan menolak H0 dan menerima H1. Implikasi di bidang pendidikan melalui integrasi literasi halal dengan ekosistem dapat mendorong peserta didik pada prinsip keberlanjutan di era modern.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Keterampilan Berpikir Kritis; Literasi Halal; Pendekatan Self-Directed; Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan |
Subjects: | Education, Research Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Muhammad Taufiq Firdaus |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:10 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 02:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |