Desain proyek gaya hidup berkelanjutan dengan pendekatan self-directed pada materi ekosistem untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Firdaus, Muhammad Taufiq (2025) Desain proyek gaya hidup berkelanjutan dengan pendekatan self-directed pada materi ekosistem untuk meningkatkan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya pengetahuan peserta didik terhadap literasi halal dalam materi ekosistem menjadi tantangan untuk memberikan pembelajaran dengan berbasis proyek gaya hidup berkelanjutan diintegrasikan dengan pendekatan self-directed. Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan proyek gaya hidup berkelanjutan. Penelitian ini bersifat kuantitatif menggunakan desain pre-eksperimental dengan sampel secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi keterlaksanaan, instrumen tes, dan kuesioner respon. Analisis data peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis diuji dengan n-gain dibantu SPSS versi 26. Hasil keterlaksanaan proyek mengalami peningkatan setiap pertemuan dengan rata-rata 73,6% kategori terlaksana dengan baik. Peningkatan literasi halal unggul pada aspek sikap dan keterampilan berpikir kritis unggul pada indikator menyimpulkan memiliki nilai n-gain yang sama sebesar 0,42 kategori sedang. Respon peserta didik terhadap proyek paling unggul pada aspek sikap sebesar 80,6%. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan literasi halal dan keterampilan berpikir kritis. Hal ini mendukung hipotesis penelitian dengan menolak H0 dan menerima H1. Implikasi di bidang pendidikan melalui integrasi literasi halal dengan ekosistem dapat mendorong peserta didik pada prinsip keberlanjutan di era modern.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Keterampilan Berpikir Kritis; Literasi Halal; Pendekatan Self-Directed; Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan
Subjects: Education, Research
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Muhammad Taufiq Firdaus
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:10
Last Modified: 19 Feb 2025 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104450

Actions (login required)

View Item View Item