Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu nearpod terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel

Nurpatimah, Ayu (2025) Pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu nearpod terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (41).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa pada Abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu nearpod terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan bentuk desain penelitian non-quivalent control-group design. Sampel terdiri atas 72 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, soal uraian berindikator kemampuan berpikir kritis, dan angket kendala siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa mencapai kriteria sangat baik. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 0,71 dengan kategori tinggi, dan kelas reguler 0,57 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan Sig. 0.000 < 0.05, sehingga H0 ditolak dan diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan model RADEC berbantu nearpod terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sel. Kendala siswa pada pembelajaran menggunakan model sebesar 11% dengan sebagian kecil siswa mengalami kendala. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu nearpod pada materi sel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran RADEC; Nearpod; Sel
Subjects: Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayu Nurpatimah
Date Deposited: 27 Feb 2025 01:32
Last Modified: 27 Feb 2025 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104983

Actions (login required)

View Item View Item