Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kreativitas siswa: Penelitian di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul

Jannah, Nuurul Fauziyatil (2025) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kreativitas siswa: Penelitian di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR IS1 (2).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kreativitas siswa merupakan representasi mutu Yayasan. Mutu Yayasan sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah dengan menilai kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kreativitas siswa di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul; 2) menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap terhadap kreativitas siswa di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul; 3) menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap kreativitas siswa di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengolahan data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji regresi sederhana, uji regresi berganda, dan koefisien determinasi) menggunakan SPSS v.26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kreativitas siswa di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul sebesar 38,5%, budaya sekolah berpengaruh terhadap kreativitas siswa di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul sebesar 28,5% dan secara simultan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah berpengaruh terhadap kreativitas siswa di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul sebesar 44,3 %. Implikasi penelitian ini adalah peningkatan kepemimpinan kepala sekolah dan kualitas budaya sekolah di Yayasan dapat meningkatkan kreativitas siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu Pendidikan di Yayasan Pendidikan Mekar Arum Unggul.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengaruh kepemimpinan kepala sekolah; budaya sekolah; kreativitas siswa
Subjects: Education, Research
Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity
Applied Psychology > Leadership
Islam > Islamic Leaders
Social Process > Leadership
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nuurul Fauziyatil Jannah
Date Deposited: 03 Mar 2025 06:45
Last Modified: 03 Mar 2025 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105069

Actions (login required)

View Item View Item