Pengembangan bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian R&D, melakukan pengembangan bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Baiturrahim

Fauziah.R., Salma (2025) Pengembangan bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS di Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian R&D, melakukan pengembangan bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Baiturrahim. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) adalah pengintegrasian empat disiplin ilmu dalam proses pembelajaran. Pendekatan STEM dapat diintegrasikan ke dalam pengembangan bahan ajar dan LKPD pada mata pelajaran IPAS. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan desain awal bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM yang dikembangkan pada mata pelajaran IPAS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah; 2) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM pada mata pelajaran IPAS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah; 3) mendeskripsikan hasil penerapan bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM pada mata pelajaran IPAS di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah; 4) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS setelah diterapkannya bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Baiturrahim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara bersama guru kelas IV, angket validasi ahli yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli stem, angket respon peserta didik setelah penggunaan bahan ajar dan LKPD, dan terakhir adalah tes tertulis (pretest dan posttest). Hasil uji validasi pada aspek kelayakan isi mendapat skor 87%, aspek kegrafikan mendapat skor 82%, aspek penyajian mendapat skor 79%, aspek bahasa 94%, dan aspek STEM mendapat skor 100% dan 97%. Seluruh hasil uji validasi dari lima validator masuk pada kriteria “Layak” atau “Sangat Layak”. Skor seluruh respon peserta didik setelah menggunakan bahan ajar dan LKPD pada skala terbatas dan luas mendapatkan skor 95% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil uji wilcoxon memperoleh nilai Asymp. Sig 0,001 < 0,05 artinya hipotesis diterima, maka terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pretest dengan posttest setelah penerapan bahan ajar dan LKPD berbasis pendekatan STEM pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Baiturrahim. Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dari pretest ke posttest dengan nilai N-gain 0,6444 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar; LKPD; pendekatan STEM; pembelajaran IPAS; kemampuan berpikir kritis
Subjects: Education, Research
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salma Fauziah
Date Deposited: 14 Apr 2025 05:49
Last Modified: 14 Apr 2025 05:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106348

Actions (login required)

View Item View Item