Pengembangan model manajemen kurikulum madrasah berbasis SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama:Penelitian di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto

Mustopa, Aceng (2023) Pengembangan model manajemen kurikulum madrasah berbasis SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama:Penelitian di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
Lembar Pernyataan (3).pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
CamScanner 22-04-2025 09.14 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Madrasah masih di anggap sebagai sekolah dengan Grade ke dua setelah sekolah umum, hal ini disebabkan karena masih minimnya madrasah yang belum optimal dalam melaksanakan manajemen kurikulum, tetapi ada madrasah -madrasah yang telah berhasil dalam melaksanakan pengelolaan manajemen dengan sangat baik sehingga madrasah tersebut berprestasi pada tingkat nasional maupun tingkat internasional diantaranya MBI Amanatul Ummah, MBI Amanatul Ummah merupakan madrasah berbasis SPK yang lulusanya berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri favorit, pendidikan kedinasan dan studi lanjut ke luar negeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis (1) Perencanaan manajemen kurikulum. (2) Manajemen pelaksanaan kurikulum. (3) Manajemen pengawasan kurikulum. (4) Evaluasi manajemen kurikulum, yang dilaksanakan di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang ditentukan yaitu koordinator MBI dan wakil koordinator. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, interpretasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi, diskusi antar teman, dan perpanjangan waktu. Hasil penelitian di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto adalah 1) Manajemen perencanaan kurikulum madrasah yaitu berawal dari grand idea meliputi visi, misi, dasar pendirian, dan tujuan yang dijadikan acuan untuk merumuskan struktur kurikulum. Dalam perumusan kurikulum diatur secara proporsional dan dimodifikasi jumlah jam pada tiap mata pelajaran. 2) Manajemen pelaksanaan kurikulum menerapkan kurikulum nasional dan kurikulum mesir, memodifikasi struktur kunkulum, pada tingkat kelas XI ada kelas fasl al - khas. Selanjutnya pada kelas XII program IPA dan IPS dibagi kedalam beberapa kelas yaitu kelas luar negeri, kelas saintek, kelas soshum dan kelas kedinasan. 3) Manajemen pengawasan kurikulum madrasah meliputi pemantauan, supervisi dan pelaporan, 4) Manajemen evaluasi kurikulum dilakukan secara rutin mingguan dan bulanan terhadap fungsionaris dan seluruh dewan guru, selain itu ada evaluasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan terhadap siswa dalam bentuk tes untuk dijadikan acuan peserta didik dalam enentukan sejauh mana ia dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; Madrasah berbasis SPK
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aceng Mustopa
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:33
Last Modified: 22 Apr 2025 02:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106512

Actions (login required)

View Item View Item