Alfiani, Sofy Tri (2025) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Sistem Sirkulasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (319kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Di abad ke-21, keterampilan berpikir kritis menjadi landasan utama dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat menuntut siswa untuk mampu menganalisis, mengevaluasi, serta menyelesaikan masalah secara logis dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi-eksperimen dengan desain pretest posttest non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, Populasi penelitian pada kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 3 dengan jumlah masing-masing 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, lembar tes indikator berpikir kritis, dan lembar angket kendala. Teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran pada kelas dengan dan tanpa menggunakan model CIRC selama tiga pertemuan diperoleh rata-rata 94% dan 92% dengan kategori sangat baik. keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas dengan dan tanpa menggunakan model CIRC diperoleh nilai pretest 25,1 dan 25,6 dengan kategori rendah, nilai posttest 76,6 dan 66,4 dengan kategori tinggi. Hasil analisis hipotesis melalui uji independent sample t-test memperoleh nilai thitung ≥ ttabel = 5,637 ≥ 2,009, maka H0 ditolak. Besaran nilai effect size d = 1,019 kategori tinggi. Kendala siswa pada kelas dengan dan tanpa menggunakan model CIRC diperoleh 13.0% dan 15,4% dengan sebagian kecil mengalami kendala selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model CIRC berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem sirkulasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis; Model pembelajaran CIRC; Pendidikan Abad 21; Sistem sirkulasi |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sofy Tri Alfiani |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 03:46 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 03:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |