Nuryana, Indra (2025) Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap peningkatan mutu pembelajaran : Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (24).pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_SKBEBASPLAGIARISM.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penilitian ini yaitu kurikulum merdeka merupakan bentuk penilaian terhadap kurikulum 2013, kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intra kulikuler yang isinya akan lebih optimal sehingga siswa memiliki waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kopetensi. Disamping hal tersebut, adanya lost learning pasca pandemic covid 19. Hal tersebut berdampak terhadap peserta didik dalam proses pemelajarannya yang kurang optimal, terutama dalam aspek peninkatan mutu pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya manajerial dalam proses kurikulum merdeka ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen Kurikulum Merdeka terhadap peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Kurikulum Merdeka yang diimplementasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia memiliki tujuan untuk memberikan kebebasan bagi pendidik dalam menyusun materi dan metode pembelajaran yang lebih fleksibel, sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Mixed Methods. yang dilakukan di beberapa sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa wawancara kepada guru, kepala sekolah, serta Observasi, studi dokumen, dokumentasi, dan pengamatan terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Kurikulum Merdeka yang baik dapat meningkatkan mutu pembelajaran, yang tercermin dalam peningkatan keterlibatan siswa, kualitas interaksi antara guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan manajemen yang tepat terhadap Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan dan pendampingan yang lebih intensif bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk mengoptimalkan implementasi kurikulum ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum Merdeka; Mutu Pembelajaran; Peningkatan Kualitas Pendidikan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Curricula General Management > Planning and Strategic Management General Management > Project Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | indra nuryana |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 08:08 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 08:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |