Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap peningkatan mutu pembelajaran : Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Jatinangor

Nuryana, Indra (2025) Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap peningkatan mutu pembelajaran : Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah se-Kecamatan Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (24).pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKBEBASPLAGIARISM)
3_SKBEBASPLAGIARISM.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penilitian ini yaitu kurikulum merdeka merupakan bentuk penilaian terhadap kurikulum 2013, kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intra kulikuler yang isinya akan lebih optimal sehingga siswa memiliki waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kopetensi. Disamping hal tersebut, adanya lost learning pasca pandemic covid 19. Hal tersebut berdampak terhadap peserta didik dalam proses pemelajarannya yang kurang optimal, terutama dalam aspek peninkatan mutu pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya manajerial dalam proses kurikulum merdeka ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen Kurikulum Merdeka terhadap peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Kurikulum Merdeka yang diimplementasikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia memiliki tujuan untuk memberikan kebebasan bagi pendidik dalam menyusun materi dan metode pembelajaran yang lebih fleksibel, sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Mixed Methods. yang dilakukan di beberapa sekolah yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument penelitian berupa wawancara kepada guru, kepala sekolah, serta Observasi, studi dokumen, dokumentasi, dan pengamatan terhadap proses pembelajaran yang berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Kurikulum Merdeka yang baik dapat meningkatkan mutu pembelajaran, yang tercermin dalam peningkatan keterlibatan siswa, kualitas interaksi antara guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan manajemen yang tepat terhadap Kurikulum Merdeka memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan dan pendampingan yang lebih intensif bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk mengoptimalkan implementasi kurikulum ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Merdeka; Mutu Pembelajaran; Peningkatan Kualitas Pendidikan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Curricula
General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Project Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: indra nuryana
Date Deposited: 23 Apr 2025 08:08
Last Modified: 23 Apr 2025 08:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106519

Actions (login required)

View Item View Item