Safitri, Indah Awalia (2025) Penerapan model pembelajaran Brain Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa mata pelajaran bahasa Indonesia ; Penelitian tindakan kelas di kelas I MI Darul Ulum Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover .pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (SKBEBASPLAGIAT)
3_skbebasplagiat.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_Bab 1.pdf Download (208kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (40kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (52).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas I MI Darul Ulum, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini menjadikan nilai keterampilan menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa rendah, yaitu di bawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) keterampilan menulis permulan sebelum diterapkan model pembelajaran Brain Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas I MI Darul Ulum, (2) penerapan model Brain Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia dikelas I MI Darul Ulum, (3) Keterampilan menulis permulaan Bahasa Indonesia siswa di kelas I MI Darul Ulum setelah diterapkan model pembelajaran Brain Writing pada setiap siklus. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Jenis data menggunakan jenis data kuantitaif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Dilengkapi dengan instrumen seperti Modul Ajar, lembar evaluasi, lembar observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil, 1) hasil keterampilan menulis permulaan sebelum diterapkannya model pembelajaran Brain Writing dengan rata-rata 61,89% dengan ketuntasan klasik sebanyak 13,79% dengan kategori “sangat Kurang”. (2) Gambaran penerapan model pembelajaran Brain Writing berjalan dengan lancar dan sesuai dengan tahapannya. Aktivitas guru dan peserta mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I aktivitas guru memperoleh persentase 61% dengan kategori “Cukup”, sedangkan pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 85 % dengan kategori “Baik”. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 63% dengan kategori “Cukup”, pada siklus II aktivitas siswa meningkat mencapai 76% dengan kategori “Baik”. (3) hasil keterampilan menulis setelah diterapkan model pembelajaran Brain Writing mengalami peningkatan. Pada siklus I perolehan rata-rata nilai siswa mencapai 78,28% dengan persentase ketuntasan klasik 79,3% “Baik”, pada siklus II hasil keterampilan menulis siswa meningkat memperoleh nilai rata-rata 95,52% dengan persentase ketuntasan klasik sebesar 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, tujuan penelitian in tercapai.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Brain Writing; Keterampilan Menulis Permulaan; Bahasa Indonesia |
Subjects: | Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Awalia Indah |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 03:03 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 03:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |