Fadhil, Hafizh Naufal (2025) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap promosi berbayar pada fitur Live Tiktok: Studi kasus toko online TVF Footwear Bandung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover (5)205.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (4)2025.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
HAFIZH NAUFAL FADHIL (1).pdf Download (162kB) | Preview |
|
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) | Request a copy |
Abstract
Pengkajian praktik promosi Premium di fitur live TikTok dalam konteks hukum ekonomi syariah, dengan fokus pada kasus toko online TVF Footwear Bandung. Meskipun TikTok semakin populer sebagai platform media sosial dan e-commerce, penggunaan promosi berbayar menghadapi tantangan terkait keseimbangan dengan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah Tujuan penelitian ini untuk (1) Untuk mengetahui mekanisme Jual Beli Promosi Pada Fitur Live di aplikasi Tiktok (2) Untuk mengetahui tinjauan hukum dari jual beli promosi dari fitur live tiktok toko TVF Footwear menurut perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif analisis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data primer didapatkan dari hasil wawancara dengan satu orang kepla toko TVF Footwear, serta observasi di aplikasi TikTok. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berupa data penunjang seperti catatan dokumen, laporan, jurnal dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) Mekanisme pelaksanaan Kontrak pada promosi berbayar ini pihak tiktok tidak memenuhi kewajibannya dengan mengindahkan kontrak dengan memberhentikan status promosi yang disepakati. (2) aktivitas promosi antara konsumen dan pihak Tiktok adalah tidak diperbolehkan karena mengandung unsur keharaman terletak pada transaksi yang mengandung gharar dan juga tidak sesuai dengan kesepakatan, meskipun gharar ini termasuk aktivitas yang diharamkan oleh Islam, akan tetapi tidak setiap gharar menyebabkan keharaman. Gharar jika sedikit atau tidak bisa dihindari, tidak menyebabkan akad menjadi tidak sah. bila sedikit, maka belum sampai kepada kategori haram. Menurut tinjauan hokum ekonomi Syariah dalam praktik promosi ini seriang terjadi ketidak sesuaian dari kesepakatan diawal dengan demikian hal ini termasuk dalam kategori gharar, meskipun tergolong dalam kategori gharar, praktik ini diperbolehkan dengan ketentuan gharar yang terjadi terbilang gharar yang sedikit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | tidak ada lampiran |
Subjects: | General Management > Sales Promotion |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Hafizh Naufal Fadhil |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 08:09 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 08:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |