Optimalisasi manajemen masjid dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan jemaah: Studi deskriptif di Masjid Al-Jabbar Kota Bandung

Falah, Mukhlis Miftahul (2024) Optimalisasi manajemen masjid dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan jemaah: Studi deskriptif di Masjid Al-Jabbar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_BUKTI PLAGIARISME.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman yang semakin berkembang semua akses diperluas dengan beragam variasi kemudahan disajikan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada khalayak umum. Masjid menjadi suatu wujud pelayanan terhadap jemaah agar setiap aktifitas ibadah yang dilakukan mampu menunjang. Masjid adalah elemen penting dalam kehidupan beragama, sehingga kehadirannya sangat diperlukan oleh umat Islam. Masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan dan aktivitas bagi umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen masjid Al-Jabbar dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan yang dilihat dari perencanaan, pembentukan struktur organisasi, pelaksanaan perencanaan, hingga pada proses pengawasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada teori fungsi manajemen yang dikemukakan oleh Henry Fayol dan G.R. Terry, yang menjelaskan Fungsi Manajemen yang terdiri dari proses perencaanaan, pengorganiasasian, pelaksanaan dan pengawasan. Selain itu menggunakan teori kualtias pelayanan yang dikemukakan oleh Parasuraman dkk ada beberapa indikator penentu kualitas pelayanan yakni reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) empathy (empati), tangible (bukti langsung). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif, Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan komitmen Masjid Al-Jabbar untuk terus berbenah dalam mengoptimalkan pelayanan kepada jemaah dengan berbagai program yang dijalankan baik yang sifatnya langsung atau tidak langsung. Pembenahan mulai dari perencanaan menyusun program atau bentuk rencana pelayanan yang diberikan, pengorganisasian membentuk sumber daya manusia yang mampu memenuhi kebutuhan jamaah, proses pelaksanaan yang senantiasa memberikan peniingkatan pelayanan kepada jamaah, hingga pada pengawasan yang berupaya peka terhadap situasi baik sifatnya internal (Masjid Al-Jabbar) maupun ekternal (kebutuhan jamaah), karena setiap kebutuhan hingga keluhan jemaah menjadi bahan dalam evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayaan jemaah di Masjid Al-Jabbar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Manajemen Masjid; Optimalisasi
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Mukhlis Miftahul Falah
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:34
Last Modified: 28 Apr 2025 06:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/106806

Actions (login required)

View Item View Item