Salam, Ahmad Ridho (2025) Pengembangan electronic module berbasis Assembler Edu melalui pendekatan master untuk meningkatkan kemampuan visualisasi spasial matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - COVER.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - ABSTRAK.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
SURAT PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - DAFTAR ISI.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - BAB 1.pdf Download (298kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI AHMAD RIDHO SALAM - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Electronic Module memfasilitasi materi yang interaktif, adaptif, dan mudah diakses, guna mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, terutama dalam konteks pendidikan berbasis teknologi. Namun kendala yang terjadi sebagian pendidik dan peserta didik terbatasnya infrastruktur yang dipasilitasi sekolah. Adapun Tujuan penelitian ini adalah : 1). mengetahui proses pengembangan Electronic Module berbasis Assembler Edu sebagai sumber belajar melalui pendekatan MASTER (Motivating, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) dalam meningkatkan kemampuan visualisasi spasial matematis peserta didik.; 2). mengetahui efektivitas pengembangan Electronic Module berbasis Assembler Edu melalui pendekatan master dalam meningkatkan kemampuan visualisasi spasial matematis peserta didik., 3) mengetahui bagaimana tanggapan guru dan peserta didik selama pembelajaran menggunakan Electronic Module berbasis Assemblr Edu. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sumber data didapatkan dari validator materi, validator media, peserta didik XI TKJ SMK Muhammadiyah 1 Kadungora Garut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan angket. Tahap uji coba dilakukan dua kali yaitu pada kelompok kecil secara ekspert dan di kelas XI.TKJ. Analisis data untuk pengembangan Electronic Module berbasis Assemblr Edu mendapatkan kriteria layak dari ahli materi, dan Ahli media. Hasil penelitian menunjukan bahwa Electronic Module berbasis Assembler Edu bisa menjadi sumber belajar menarik karena lebih mengedepankan gambar-gambar sesuai dengan realita kehidupan anak serta menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan kemampuan visualisasi spasial matematis peserta didik dan mendapat tanggapan yang baik dari guru matematika SMK Muhammadiyah 1 Kadungora Garut dan peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Kadungora Garut. Pengembanga Electronic Module berbasis Assembler Edu meningkatkan interaktivitas dan motivasi belajar, efisiensi penggunaan materi digital sehingga mampu meningkatkan kemampuan visualisasi spasial peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Module; Assembler Edu; Visualisasi Spasial |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ahmad Ridho Salam |
Date Deposited: | 14 May 2025 07:59 |
Last Modified: | 12 Jun 2025 04:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/107823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |