Tinjauan hukum ekonomi syariah tentang penerapan akad -akad bisnis Multi Level Marketing di PT. Natural Nusantara

Rohman, Ilham (2025) Tinjauan hukum ekonomi syariah tentang penerapan akad -akad bisnis Multi Level Marketing di PT. Natural Nusantara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
lembar PernyataanPdf_250520_094617.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI..pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena penerapan akad akad syariah pada bisnis Multi level Marketing yang belum jelas. Melihat banyaknya bisnis Multi level Marketing di Indonesia membuat penulis memilih judul ini sebagai bahan penelitian untuk melihat bagaimana bisnis MLM khususnya PT. Natural Nusantara menerapkad akad akad syariah dalam transaksinya. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menjabarkan secara rinci tentang praktik bisnis MLM yang di praktikkan oleh PT. NASA. Mengetahui akad yang digunakan dalam praktik bisnis MLM di PT. NASA. Mengetahui tinjauan hukum Ekonomi Syariah serta pandangan Fatwa DSN MUI. Kerangka berpikir yang di terapkan dalam skripsi ini ialah mengkaitkan teori Murabahahdan Jualah yang berkaitan dengan tranfaransi harga pokok dan margin member, serta tranfaransi komisi member jika sudah mencapat target. Penelitian ini juga di dasarkan pada Fatwa fatwa DSN MUI yang berlaku tentang bisnis Multi Level Marketing. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan studi kasus yaitu penelitian langsung terhadap penerapan Akad – Akad Hukum Ekonomi Syariah dan mengkaitkan dengan Fatwa yang ada. Melakukan wawancara langsung dengan staf yang bekerja di PT. Natural Nusantara untuk menganalisis Penerapan Akad dalam PT. Natural Nusantara. Akad yang di terapkan di bisnis PT. Natural Nusantara adalah akad Murabahah dan Jualah akad. Penerapaan akad Murabahah yang dilakukan adalah dengan menjabarkan mengenai harga yang di berikan sebagai member dan harga yang di berikan jika kita sebagai konsumen. hal itu sudah di edukasi sejak calon member ataupun konsumen berniat untuk daftar menjadi member ataupun konsumen. Berdasarkan analisis peneliti dan di kaitkan fatwa yang berlaku bahwa pelaksanaan PT. Natural Nusantara sudah sesuai dengan fatwa tentang Akad Jualah yaitu Fatwa DSN-MUI No. 62/DSN-MUI/XII/2007 dan fatwa tentang Murabahah Fatwa DSN-MUI tentang Murabahah diatur dalam Fatwa No. 04/DSN-MUI/IV/2000. Dan sesuai dengan Syariat Hukum ekonomi Syariah. tentang penerapan akad Muarabahah dan Jualah yang di Praktekkan dalam PT. Natural Nusantara sudah sesuai dengan syariat islam yang berlaku sudah memenuhi tranparansi, memenuhi hak keadilan antara member dan pihak PT. Natural Nusantara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Multi Level Marketing; ijarah; Muamalah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ilham Syaiful Rohman
Date Deposited: 20 May 2025 04:47
Last Modified: 20 May 2025 04:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108047

Actions (login required)

View Item View Item