Azizah, Hasniar Jahir (2025) Penerapan model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) dalam meningkatkan hasil belajar Kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (CAVER)
1_caver.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi (1).pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (541kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpuska.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh daya serap dan perbedaan model belajar peserta didik terhadap materi pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VI MI Al-Mujtahidin. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas di kelas VI MI Al-Mujtahidin. Hasil belajar kognitif pada tahap prasiklus sebelum penerapan model self directed learning pada mata pelajaran Akidah akhlak memperoleh nilai 45 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 55%. Proses pembelajaran dengan model Self directed learning dalam mata pelajaran Akidah akhlak di kelas VI MI Al-Mujtahidin berjalan efektif. Aktivitas 78,57% siswa pada siklus I sebesar 86,72% (kategori baik) . Siklus II 73,95 sebesar 90,9% siklus Proses pembelajaran dengan model Self directed learning dalam mata pelajaran Akidah akhlak di kelas VI MI Al-Mujtahidin. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik setelah penerapan model self directed learning siklus I sebesar 68,50% dengan ketuntasan klasikal 86,36% dengan kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi dengan ketuntasan klasikal 90,9% dengan kategori sangat baik. siklus III 92,4% Hal ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran self directed learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah akhlak kelas VI MI AL-Mujtahidin. Berdasarkan Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan menerapkan model Self Directed Lerning, dapat diketahui bahwa keterlaksanaan observasi aktivitas guru yaitu sebesar 78,57% jika dilihat dari interpretasi keterlaksanaan dalam penilaian observasi guru menunjukan bahwa angka 78,57% ini berada di antara rentang nilai 58-83 maka keterlaksanaan observasi aktivitas guru pada siklus I di kelas VI A MI AL-Mujtahidin masuk kedalam kategori ‘’Baik’’, Berdasar pada aktivitas siswa yg dilaksanakan di siklus I mengenai proses pembelajaran dengan menggunakan model Self directed learning, maka dapar diketahui keterlaksanaan hasil observasi siswa memperoleh Rata-rata sebesar 65,90%.Berdasarkan pada siklus II dengan menerapkan model Self directed learning, dapat diketahui bahwa keterlaksanaan observasi aktivitas guru yaitu sebesar 92,85%. Jika dilihat dari interpretasi keterlaksanaan dalam penilaian observasi guru menujukkan bahwa angka 92,85% ini berada diantara rentang nilai 83% - 100%, maka keterlaksanaan observasi aktivitas guru pada siklus II di kelas VI MI AL-Mujtahidin masuk kedalam kategori “Sangat Baik”, Berdasarkan tabel di atas pada siklus II mengenai proses pembelajaran dengan menggunakan model Self directed learning, maka dapat diketahui keterlaksanaan hasil observasi siswa memperoleh rata-rata sebesar 75,32%,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model; Self Directed Learning |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hasniar Jahir Azizah |
Date Deposited: | 22 May 2025 03:34 |
Last Modified: | 22 May 2025 03:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |