ME, Diah Wahdiani (2025) Penerapan Electronic Government dalam pelayanan publik pada kantor Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARAYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (435kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan e-government di Kantor Kecamatan Cicalengka memiliki potensi besar untuk meningkatkan pelayanan publik. Namun, terdapat kesenjangan antara harapan masyarakat yang menginginkan pelayanan cepat dan transparan dengan kenyataan yang masih bergantung pada metode konvensional. Selain itu, keterbatasan infrastruktur teknologi dan minimnya kompetensi sumber daya manusia memperburuk implementasi e-government. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dukungan (support) dalam pelayanan publik Kecamatan pada Kantor Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, serta menggali kemampuan (capacity) yang ada dalam memberikan pelayanan publik tersebut. Selain itu, penelitian ini juga akan mendeskripsikan manfaat (value) yang dapat diperoleh dari penerapan e-government dalam konteks pelayanan publik di Kantor Kecamatan Cicalengka. Kerangka berpikir dalam penelitian ini mencakup tiga elemen kunci, yaitu dukungan (support), kapasitas atau kemampuan pemerintah (capacity), dan manfaat (value). Dukungan dari pemimpin serta komitmen pemerintah menjadi dasar penting untuk menggerakkan penerapan e-government secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan yakni pendekatan kualitatif untuk menganalisis fenomena e-government. Data dikumpulkan melalui kajian literatur dari jurnal, artikel, dan buku, dengan tujuan mendeskripsikan fenomena yang terjadi di lapangan secara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan e-government belum bisa berjalan optimal karena masih terdapat berbagai kendala atau masalah pada aspek dukungan kebijakan, kapasitas infrastruktur dan sumber daya manusia, serta manfaat yang dirasakan oleh masyarakat. Meskipun digitalisasi telah memberikan manfaat berupa percepatan proses administrasi seperti pembuatan KTP dan KK, kenyataannya belum semua masyarakat merasakan kemudahan tersebut secara merata. Keterbatasan infrastruktur teknologi, rendahnya literasi digital pada aparatur dan masyarakat, serta adanya jalur cepat berbayar (fast track) yang dinilai tidak adil menjadi hambatan dalam optimalisasi pelayanan publik berbasis teknologi. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan dukungan kebijakan yang lebih konsisten, optimalisasi infrastruktur, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, serta edukasi literasi digital agar manfaat e-government dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat secara adil dan merata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-government; Pelayanan Publik; Infrastruktur Teknologi |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Diah Wahdiani.ME |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 01:35 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108465 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |