Faidah, Wanda Nurul (2025) Pengaruh penerapan strategi Know Want Learn untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas IX MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARAYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilandasi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas IX MTs Miftahul Falah Kota Bandung. Berdasarkan hasil observasi awal, capaian belajar siswa yang rendah disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik serta keterbatasan sumber belajar yang digunakan oleh guru. Untuk mengatasi hal tersebut, strategi Know Want Learn (KWL) diterapkan guna meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penerapan strategi Know Want Learn dalam pembelajaran SKI di kelas IX MTs Miftahul Falah kota Bandung dan 2) perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang menerapkan strategi Know Want Learn dengan siswa yang menerapkan metode ceramah. Berdasarkan penelitian terdahulu yang membuktikan mengenai penerapan strategi Know Want Learn dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca siswa, maka kerangka berpikir serta hipotesis dalam penelitian ini memproyeksikan mengenai penerapan strategi Know Want Learn yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan yang menerapkan metode ceramah secara signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen dan desain non-equivalent control group. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dokumentasi, dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Know Want Learn diterapkan dengan baik, dengan capaian skor observasi sebesar 96% pada pertemuan pertama dan 94% pada pertemuan kedua. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,59, sementara kelas kontrol hanya mencapai 0,42. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,010 (< 0,05), yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Know Want Learn memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Strategi Know Want Learn; Hasil Belajar |
Subjects: | Knowledge Knowledge > Descriptive and Experimental Methods Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Wanda Nurul Faidah |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:45 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |