Albi, Mohamad Iqrom Maulana (2025) Implementasi model evaluasi Kirkpatrick pada bimbingan manasik haji : Studi deskriptif pada kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah Al-Kamiliyyah Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
bebas plagiarism.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (377kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (956kB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi Model Evaluasi Kirkpatrick pada Bimbingan Manasik Haji (Studi Deskriptif pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Al-Kamiliyyah Kabupaten Bekasi) Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang memiliki dimensi spiritual, sosial, dan fisik yang kompleks. Oleh karena itu, bimbingan manasik haji menjadi aspek penting dalam mempersiapkan jemaah agar dapat melaksanakan ibadah dengan baik sesuai tuntunan syariat Islam. Namun, masih ditemukan berbagai kendala dalam efektivitas bimbingan manasik, seperti rendahnya pemahaman jemaah, kurangnya strategi pembelajaran yang tepat, serta kurangnya evaluasi terhadap program yang telah berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas bimbingan manasik haji di KBIHU Al-Kamiliyyah Kabupaten Bekasi menggunakan Model Evaluasi Kirkpatrick, yang mencakup empat tingkat evaluasi: reaksi, pembelajaran, perubahan perilaku, dan hasil. Model ini dikombinasikan dengan teori pendukung untuk analisis lebih mendalam. Model ini dikombinasikan dengan teori pendukung untuk analisis lebih mendalam, termasuk Expectation-Confirmation Theory (ECT) dan Teori Emosi Plutchik untuk reaksi jemaah, Teori Pembelajaran Sosial Bandura dan Andragogi Knowles untuk pembelajaran, Teori Kontrol Diri Bandura dan Teori Penguatan Skinner untuk perubahan perilaku, serta Teori Pembelajaran Thorndike dan Teori Penguasaan Kompetensi Bloom untuk hasil akhir, dengan fokus pada pengumpulan data melalui metode deskriptif kualitatif seperti wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan manasik di KBIHU Al-Kamiliyyah berdampak positif pada pemahaman, kepercayaan diri, dan kesiapan jemaah dalam menjalankan ibadah haji. Jemaah yang mengikuti bimbingan mengalami peningkatan pemahaman mengenai rukun dan wajib haji, serta mampu melaksanakan ibadah dengan lebih mandiri. Selain itu, perubahan perilaku juga terlihat dari meningkatnya disiplin dan kesadaran jemaah dalam menerapkan nilai-nilai ibadah haji dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Kirkpatrick; Bimbingan Manasik Haji; Kesiapan Jemaah; KBIHU Al-Kamiliyyah |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | M iqrom Iqrom Albi |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 06:50 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 06:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |