Ahdinie, Rahma Anne (2025) Pengembangan e-lkpd project based learning (PjBL) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAAN ILMIAH)
3_suratpernyataankeaslian.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Project Based Learning (PjBL) berbasis Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik di Indonesia, khususnya di SMAN 1 Ciparay, yang teridentifikasi melalui hasil studi pendahuluan berupa tes keterampilan berpikir kritis dan wawancara yang dilakukan di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian terdiri atas lembar validasi ahli, tes keterampilan berpikir kritis, dan lembar observasi keterlibatan peserta didik. Metode yang digunakan yakni metode pre-experimental dengan desain one group Pretest-Posttest. Hasil penelitian Kelas XI-2 berjumlah 36 peserta didik menunjukkan bahwa E-LKPD Project Based Learning (PjBL) layak digunakan dengan rata-rata sebesar 93,5 kategori sangat baik serta koefisien validitas sebesar 0,918 dengan kategori Tinggi. Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,67 dengan kategori sangat efektif. Rata-rata N-Gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test menjunjukan bahwa 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media berbasis Liveworksheet pada materi Fluida Statis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD; Project based learning (PjBL); Liveworksheet; keterampilan berpikir kritis; fluida statis |
Subjects: | Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education Physics > Research and Statistical Methods of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rahma anne Ahdinie |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |