Pengembangan e-lkpd project based learning (PjBL) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis

Ahdinie, Rahma Anne (2025) Pengembangan e-lkpd project based learning (PjBL) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (204kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (246kB)
[img] Text (SURAT PERNYATAAN KEASLIAAN ILMIAH)
3_suratpernyataankeaslian.pdf

Download (877kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (511kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Project Based Learning (PjBL) berbasis Liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida statis. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik di Indonesia, khususnya di SMAN 1 Ciparay, yang teridentifikasi melalui hasil studi pendahuluan berupa tes keterampilan berpikir kritis dan wawancara yang dilakukan di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian terdiri atas lembar validasi ahli, tes keterampilan berpikir kritis, dan lembar observasi keterlibatan peserta didik. Metode yang digunakan yakni metode pre-experimental dengan desain one group Pretest-Posttest. Hasil penelitian Kelas XI-2 berjumlah 36 peserta didik menunjukkan bahwa E-LKPD Project Based Learning (PjBL) layak digunakan dengan rata-rata sebesar 93,5 kategori sangat baik serta koefisien validitas sebesar 0,918 dengan kategori Tinggi. Rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,67 dengan kategori sangat efektif. Rata-rata N-Gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test menjunjukan bahwa 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara peserta didik yang belajar dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media berbasis Liveworksheet pada materi Fluida Statis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Project based learning (PjBL); Liveworksheet; keterampilan berpikir kritis; fluida statis
Subjects: Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahma anne Ahdinie
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:38
Last Modified: 04 Jun 2025 02:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/108705

Actions (login required)

View Item View Item