Penggunaan model pembelajaran Game Based Learning tipe Kooperatif Scramble berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 71 Bandung

Muthi'ah, Azyana Qaula Fika (2025) Penggunaan model pembelajaran Game Based Learning tipe Kooperatif Scramble berbantuan media kartu gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 71 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (151kB)
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_skbebasplagiarisme.pdf

Download (279kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Kooperatif Scramble Berbantuan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 71 Bandung. Sebagai solusi, digunakan model pembelajaran Game Based Learning tipe kooperatif Scramble dengan media kartu gambar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan model pembelajaran Game Based Learning tipe kooperatif Scramble berbantuan media kartu gambar pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 71 Bandung. 2) Hasil motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning tipe kooperatif Scramble berbantuan media kartu gambar pada mata pelajaran PAI di Kelas VII SMPN 71 Bandung. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning tipe kooperatif Scramble berbantuan media kartu gambar pada mata pelajaran PAI di Kelas VII SMPN 71 Bandung. Model pembelajaran dengan menggunakan Game Based Learning (GBL) tipe kooperatif Scramble dengan media kartu gambar adalah pendekatan berbasis permainan yang mendorong kerja sama dan berpikir kritis. Istilah 'Scramble' merujuk pada perebutan atau persaingan dalam menyusun jawaban yang tepat, sehingga siswa aktif berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas secara kelompok. Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif dengan metode quasi Experiment (Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design). Pengambilan sample dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Keterlaksanaan model pembelajaran Game Based Learning tipe kooperatif Scramble berbantuan media kartu gambar mencapai tingkat keberhasilan 100% dengan kriteria sangat tinggi. 2) Hasil angket motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Game Based Learning tipe kooperatif Scramble berbantuan media kartu gambar Pre-Respond 80,90 (1,835%) dan Post-Respond 94 (2,131%), artinya termasuk ada peningkatan dengan kategori sedang. 3) Hasil uji hipotesis nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pada analisis N-Gain kelas eskperimen memiliki skor N-Gain 0,3 dengan interpretasi sedang. Sedangkan kelompok kelas kontrol memiliki skor N-Gain 0,2 dengan interpretasi rendah Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar setelah menggunakan model pembelajaran Game Based Learning tipe kooperatif scrambel berbantuan media kartu gambar pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMPN 71 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Model Game Based Learning; Kooperatif Scramble
Subjects: Education, Research
Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azyana Qaula Fika Muthi'ah
Date Deposited: 20 Jun 2025 03:08
Last Modified: 20 Jun 2025 03:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109485

Actions (login required)

View Item View Item