Penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Game Edukasi Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS : Penelitian tindakan kelas di MI Miftahul Falah

Amalia, Dwi Rahmah (2025) Penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Game Edukasi Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS : Penelitian tindakan kelas di MI Miftahul Falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1212090044_Peryataan Karya Sendiri (1).pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di kelas IV MI Miftahul Falah, ditemukan rendahnya hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif mata pelajaran IPAS, khususnya materi IPS. Hal ini ditandai dengan nilai rata-rata yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan media pembelajaran yang tidak bervariasi, sehingga menurunkan minat belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkannya model Reciprocal Teaching berbantuan game edukasi Wordwall; (2) Proses penerapan model tersebut dalam pembelajaran IPAS; (3) Hasil belajar peserta didik setelah penerapan model pada setiap siklus; dan (4) Hasil belajar peserta didik setelah seluruh siklus dilaksanakan. Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari rata-rata 58 pada prasiklus dan ketuntasan klasikal sebesar 25% menjadi rata rata 67,71 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 40%, nilai rata rata siklus II meningkat menjadi 72,71 dengan ketuntasan klasikal 71% dan meningkat pada sisklus III nilai rata rata sebesar 76 dengan nilai ketuntasan klasikal 80% pada tes akhir setelah siklus III nilai rata rata peserta didik sebesar 80 dengan nilai ketuntasan klasikal 83%) Aktivitas peserta didik dan guru juga meningkat dari siklus I hingga III peserta didik dari siklus I 62% pada siklus II menjadi 74%, dan pada siklus III menjadi 86%, dan aktivitas guru pada siklus I Menjadi 67%, pada silus II emnjadi 80% dan pada siklus III menjadi 87%. Dengan demikian, penerapan model Reciprocal Teaching berbantuan game edukasi Wordwall terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Miftahul Falah. Berdasarkan Hasil Penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan game edukasi wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching;Wordwall;Hasil Belajar
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Rahmah Amalia
Date Deposited: 26 Jun 2025 07:50
Last Modified: 26 Jun 2025 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109955

Actions (login required)

View Item View Item