Asti, Endang (2025) Pengaruh doom spending terhadap perilaku konsumsi Generasi Z: Penelitian pada mahasiswi FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text
1_cover.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
2_abstrak.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
4_daftarisi.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
5_bab1.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dan digitalisasi telah mengubah pola konsumsi masyarakat Indonesia, terutama pada Generasi Z. Generasi ini cenderung memiliki pola konsumsi berlebihan, dipicu oleh pesatnya perkembangan internet dan media sosial yang memfasilitasi belanja online dan paparan terhadap tren terkini. gempuran promosi di platform e-commerce serta pengaruh influencer semakin mendorong perilaku konsumtif, bahkan memunculkan tren doom spending sebagai respon terhadap kecemasan akan masa depan. Sehingga menggeser prioritas pengeluaran dari kebutuhan utama kepada keinginan pribadi dan tren terkini yang berpotensi menimbulkan masalah keuangan dan inefisiensi penggunaan dana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat indikasi doom spending, untuk mengetahui tingkat perilaku konsumsi dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang potitif dan signifikan antara doom spending terhadap perilaku konsumsi generasi Z. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Consumer Culture (budaya konsumsi) dari Mike Featherstone yang menekankan tiga perspektif utama yang menjadi faktor pembentukan konsumsi yaitu penyebaran komuditas, kepuasan, dan kesenangan emosional. Hipotesis yang diambil yaitu H1 diterima bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara doom spending terhadap perilaku konsumsi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode penelitian asosioatif. Jumlah sampel sebanyak 93 responden. Pengujian analisis dengan menggunakan uji data penelitian, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Teknis analisisnya menggunakan regresi linier sederhana. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan software SPSS versi 27 . Data yang diperoleh dari penelitian ini melalui data primer yang didapatkan dari kuesioner dan dilengkapi dengan data sekunder yang didapatkan melalui penelitian terdahulu, buku, jurnal-jurnal, atau artikel dari website yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa, tingkat indikasi doom spending sebesar 66,3% berada pada kategori cukup buruk, lalu tingkat perilaku konsumsi sebesar 69,1% berada kata kategori cukup buruk. Hasilnya terdapat pengaruh antara doom spending (X) terhadap perilaku konsumsi (Y). Hal ini dibuktikan dengan uji t, bahwa thitung (11.102) > ttabel (1.661). Diperkuat kembali dengan nilai signifikansi Y = 12.128 + 0.794X dan memiliki nilai koefisien yang positif. Sehingga dikatakan bahwa doom spending memiliki pengaruh positif dan dignifikan terhadap perilaku konsumsi generasi Z pada mahasiswi FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Besaran persentase doom spending yaitu sebesar 57,5% termasuk dalam kategori pengaruh tinggi. Sisanya 42,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Doom Spending; Perilaku konsumsi; Mahasiswi |
Subjects: | Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Endang Asti |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:28 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/109996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |