Maspupah, Siti Sopiah (2025) Penerapan Model Flipped Classroom berbantuan media Classdojo untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarisme.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (247kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Cileunyi Kabupaten Bandung yang menunjukkan bahwa capaian kognitif siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masih tergolong rendah. Salahsatu penyebab timbulnya masalah ini adalah dominannya penggunaan metode pembelajaran konvensional serta media yang kurang variatif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi sebelum penerapan model flipped classroom berbantuan media classdojo, mendeskripsikan penerapan model flipped classroom yang didukung oleh media classdojo pada mata pelajaran tersebut, serta menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model tersebut. Merujuk pada kajian pustaka dan hasil-hasil studi sebelumnya yang menegaskan keberhasilan model flipped classroom serta media interaktif dalam mendorong keterlibatan siswa, maka dirumuskan hipotesis bahwa penggunaan model flipped classroom berbantuan classdojo mampu secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen melalui desain nonequivalent pretest -posttest control group. Sampel terdiri dari 68 siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data mencakup tes sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest), observasi proses pembelajaran, dan dokumentasi aktivitas siswa di classdojo. Data dianalisis menggunakan software SPSS versi 27, meliputi uji prasyarat (normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan homogenitas menggunakan Levene Test), perhitungan skor N-Gain, serta uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model flipped classroom dengan classdojo terlaksana dengan sangat baik dengan rata-rata keterlaksanaan 84%. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen (N-Gain sebesar 58%), lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (N-Gain sebesar 24%), dengan nilai sig. (0,001) < α (0,05), sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model flipped classroom yang didukung oleh platform classdojo terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Cileunyi. Sebagai tindak lanjut, disarankan agar guru mengaplikasikan model ini untuk topik atau mata pelajaran lain, dan penelitian lanjutan dapat diarahkan pada pengaruh model ini terhadap aspek sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotorik) siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Flipped Classroom; Media Classdojo; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | Knowledge Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | siti sopiah maspupah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 01:50 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 01:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |