Charliana, Sofhie Herista (2025) Pengaruh Perceived Ease Of Use dan Perceived Usefulness terhadap Continuance Intention: penelitian pada generasi Z dan milenial pengguna aplikasi DANA di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
3_keteranganbebasplagiarism.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan transaksi tanpa uang tunai (cashless) yang disebabkan oleh pandemi covid-19 disertai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Hal tersebut membuka peluang bagi perusahaan start-up untuk membuat inovasi produk berupa digital payment, salah satunya aplikasi e-wallet Dana. Namun, dalam perkembangannya masih terdapat keluhan dari pengguna mengenai kesulitan penggunaan dan kurangnya manfaat yang dirasakan saat menggunakan aplikasi, sehingga mengakibatkan pada belum konsistennya niat keberlanjutan pengguna dalam menggunakan aplikasi Dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap continuance intention pada generasi z dan milenial pengguna aplikasi Dana di Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian di atas, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan jenis teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan teori Lemeshow dengan hasil 97 sampel. Kemudian, data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 29. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap continuance intention, perceived usefulness secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap continuance intention. Adapun, secara simultan diketahui bahwa perceived ease of use dan perceived usefulness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap continuance intention. Nilai R Square sebesar 60,1% dan sisanya 39,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perceived Ease of Use; Perceived Usefulness; Continuance Intention |
Subjects: | General Management > Sales Management General Management > Historical, Geographic Treatment of Market Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Sofhie Herista Charliana |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:15 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/110886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |