Ul Haq, Tazkiya Aulia (2025) Penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Penelitian kuasi eksperimen pada siswa kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (278kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (525kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung, pembelajaran PAI BP masih didominasi oleh metode ceramah dengan media konvensional seperti papan tulis, sehingga siswa cenderung kurang fokus, mudah bosan, mengantuk, dan terdistraksi selama pembelajaran. Diduga kondisi tersebut menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Maka, diperlukan inovasi media pembelajaran yang interaktif, wordwall dipilih karena memiliki beberapa fitur yang mendukung pembelajaran lebih aktif dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses penggunaan media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran PAI BP di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung; (2) Mengetahui motivasi belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran PAI BP di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung; (3) Mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran wordwall dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint pada mata pelajaran PAI BP di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada anggapan bahwa media pembelajaran merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, karena mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Wordwall sebagai media pembelajaran digital memiliki berbagai fitur yang dapat mendorong partisipasi aktif siswa. Dengan tampilan menarik dan kemudahan penggunaan, wordwall mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI BP di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 32 siswa. Data diperoleh dengan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Analisis data kualitatif diolah dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif di analisis dengan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Penggunaan media pembelajaran wordwall terlaksana dengan kategori sangat baik, berdasar pada hasil rata-rata observasi aktivitas guru sebesar 89,35%, antara 86%-100%; (2) Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan media wordwall sebanyak dua pertemuan diperoleh hasil rata-rata sebesar 4,36 dengan kategori sangat tinggi; (3) Perbedaan motivasi belajar siswa antara kedua kelas dilihat dari skor N-gain, di mana pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,37 dengan kategori sedang, dan kelas kontrol sebesar 0,09 dengan kategori rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan mann-whitney u-test menunjukkan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan dalam penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI BP di kelas XI SMA Karya Budi Cileunyi Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Psychology > Education of Psychology Islam Islam > Islamic Religious Education Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tazkiya Aulia Ul Haq |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:01 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111049 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |