Ijharudin, Muhamad (2018) Analisis aspek konten, substantif, dan sintaktikal melalui Pedagogi Materi Subjek (PMS) pada pembelajaran usaha dan energi : Studi wacana kelas pada pembelajaran fisika di MAN 2 Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
Abstract
Materi subjek merupakan salah satu penunjang keberhasilan proses pembelajaran selain adanya pengajar dan pembelajar. Aspek materi subjek yakni aspek konten, substantif, dan sintaktikal berbeda-beda serta lebih di dominasi oleh aspek konten sehingga aspek sintaktikalnya kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek konten, substantif, dan sintaktikal materi subjek usaha dan energi serta menganalisis hubungan ketiganya. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana. Hal ini berlandas pada anggapan bahwa kegiatan pembelajaran merupakan sebuah fenomena wacana. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Garut terhadap materi subjek yang disampaikan oleh guru fisika terbaik di sekolah tersebut di kelas X MIA 4 dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dan tidak langsung menggunakan video recorder dengan instrumen berupa lembar observasi. Analisis dilakukan terhadap data yang didapat dengan cara membuat transkripsi kegiatana pembelajaran, penghalusan sehingga didapat teks dasar, penyusunan proposisi makro dan mikro, dan didapat struktur makro. Selanjutnya dilakukan analisis dengan mengacu pada indikator masing-masing aspek materi subjek. Didapat data aspek konten sebesar 50%, aspek substantif sebesar 42.86% dan aspek sintaktikal sebesar 7.14%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek konten mendominasi aspek-aspek lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PMS;Materi Subjek; Konten, Substantif, dan Sintaktikal; Usaha dan Energi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhamad Ijharudin |
Date Deposited: | 13 Jul 2018 07:20 |
Last Modified: | 13 Jul 2018 07:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/11134 |
Actions (login required)
View Item |