Rizki, Dina Miftahatul (2025) Korelasional antara manajemen kesiswaan dengan perilaku bullying siswa: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
3_lembarpernyataankaryasendiri.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (426kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
4_daftarisi.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bullying merupakan tindakan kekerasan yang diperbuat secara berulang oleh individu terhadap individu lain, yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa. Di lingkungan sekolah, manajemen kesiswaan berperan penting dalam menciptakan suasana yang aman dan mendukung bagi semua siswa. Meskipun pada akhirnya sering terjadi pelanggaran yang menyebabkan pemahaman siswa terhadap perilaku bullying, hal ini dapat menyebabkan terjadinya siklus yang sulit untuk dihentikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan manajemen kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah 2) mendeskripsikan perilaku bullying siswa di Madrasah Ibtdiaiyah Miftahulfalah 3) menganalisis Hubungan Manajemen Kesiswaan dengan Perilaku Bullying Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 56 responden dengan menggunakan skala Likert. Selanjutnya, data dianalisis untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, serta melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Hasil pengujian pada variabel X manajemen kesiswaan menunjukkan bahwa hasil data yang dimasukkan ke dalam nilai interval sebesar 3,31 dengan kategori cukup. Hasil pengujian variabel Y perilaku bullying siswa sebesar 3,07 dengan kategori cukup. Dengan kata lain Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah memiliki manajemen kesiswaan yang baik. Hasil temuan menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan mengandung korelasi yang cukup dan signifikan terhadap perilaku bullying siswa yang diperkuat oleh uji korelasi dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Kontribusi manajemen kesiswaan dalam perilaku bullying siswa sebesar 27%. Hipotesis yang diajukan peneliti diterima yang dibuktikan dengan uji t dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Maka terdapat korelasi yang signifikan antara manajemen kesiswaan dengan perilaku bullying siswa di Madrasahh Ibtidaiyah Miftahulfalah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kesiswaan; Perilaku Bullying; Siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dina Miftahatul Rizki |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 01:24 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 01:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |