Korelasional antara manajemen kesiswaan dengan perilaku bullying siswa: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah Kota Bandung

Rizki, Dina Miftahatul (2025) Korelasional antara manajemen kesiswaan dengan perilaku bullying siswa: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_lembarpernyataankaryasendiri.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
4_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bullying merupakan tindakan kekerasan yang diperbuat secara berulang oleh individu terhadap individu lain, yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kesehatan mental dan perkembangan sosial siswa. Di lingkungan sekolah, manajemen kesiswaan berperan penting dalam menciptakan suasana yang aman dan mendukung bagi semua siswa. Meskipun pada akhirnya sering terjadi pelanggaran yang menyebabkan pemahaman siswa terhadap perilaku bullying, hal ini dapat menyebabkan terjadinya siklus yang sulit untuk dihentikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan manajemen kesiswaan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah 2) mendeskripsikan perilaku bullying siswa di Madrasah Ibtdiaiyah Miftahulfalah 3) menganalisis Hubungan Manajemen Kesiswaan dengan Perilaku Bullying Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara variabel X dan variabel Y. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 56 responden dengan menggunakan skala Likert. Selanjutnya, data dianalisis untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, serta melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Hasil pengujian pada variabel X manajemen kesiswaan menunjukkan bahwa hasil data yang dimasukkan ke dalam nilai interval sebesar 3,31 dengan kategori cukup. Hasil pengujian variabel Y perilaku bullying siswa sebesar 3,07 dengan kategori cukup. Dengan kata lain Madrasah Ibtidaiyah Miftahulfalah memiliki manajemen kesiswaan yang baik. Hasil temuan menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan mengandung korelasi yang cukup dan signifikan terhadap perilaku bullying siswa yang diperkuat oleh uji korelasi dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Kontribusi manajemen kesiswaan dalam perilaku bullying siswa sebesar 27%. Hipotesis yang diajukan peneliti diterima yang dibuktikan dengan uji t dengan nilai signifikansi 0,005 < 0,05. Maka terdapat korelasi yang signifikan antara manajemen kesiswaan dengan perilaku bullying siswa di Madrasahh Ibtidaiyah Miftahulfalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan; Perilaku Bullying; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dina Miftahatul Rizki
Date Deposited: 08 Jul 2025 01:24
Last Modified: 08 Jul 2025 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111355

Actions (login required)

View Item View Item