Pengaruh strategi Joyfull Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Mi Bantarsari

Hardianti, Hardianti (2025) Pengaruh strategi Joyfull Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di Mi Bantarsari. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah yang terjadi di Madrasah ‎Ibtidaiyah Bantarsari, berdasarkan hasil wawancara menunjukan bahwa ‎kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Hal ini dapat ‎mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa dan mempengaruhi terhadap ‎keaktifan dalam proses pembelajaran. ‎ Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi ‎strategi Joyfull Learning pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Bantarsari 2) ‎Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan strategi Joyfull ‎Learning pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MI Bantarsari, 3) Untuk ‎mengetahui pengaruh strategi joyfull learning terhadap motivasi siswa pada mata ‎pelajaran IPAS di kelas IV MI Bantarsari .‎ Penelitian ini didasari dengan pemikiran bahwa jika seorang guru memiliki ‎kemampuan dan keterampilan yang tinggi dalam memilih strategi pembelajaran ‎yang baik dan cocok dalam menerapkan pembelajaran maka memungkinkan ‎dapat meningkatkan motivasi-motivasi sisa dalam proses pemmbelajaran. Hal ini ‎yang mendasari peneliti ngin membuat penelitian mengenai strategi Joyfull ‎Learning apakah dapat meningkat motivasi belajar siswa.‎ Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan metode ‎penelitian Kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan ‎dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis Deskriptif dan ‎Inferensial yang mencakup 1) Uji Validitas Data, 2) Uji Reliabilitas Data, 3) Uji ‎Normalitas, 4) Uji Linearitas, 5) Uji Linearitas, 6) Uji Korelasional, 7) Uji ‎Koefisien Determinasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bantarsari ‎dengan jumlah responden sebanyak 24. ‎ Hasil penelitian ini diperoleh bahwa implementasi strategi joyfull learning ‎memperoleh nilai 37,5% dengan kategori tinggi. Adapun motivasi belajar siswa ‎setelah menggunakan strategi joyfull learning dikategorikan tinggi dengan nilai ‎mencapai 45,8% . Berdasarkan hasil penelitian Data yang diperoleh dinyatakan ‎tidak berdistribusi normal, kedua variabel dinyatakan linear, dan kedua variabel ‎dinyatakan berkorelasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,612 > 0,05 sehingga Ho ‎ditolak dan Hi diterima. Sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan yang ‎positif antara kedua variabel yaitu Strategi Joyfull Learning dengan Motivasi ‎belajar siswa di kelas IV MI Bantarsari.‎

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi joyfull learning; motivasi; IPAS
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: hardianti suci uci
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:44
Last Modified: 09 Jul 2025 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111448

Actions (login required)

View Item View Item