Pengaruh Content Marketing, Live Streaming, dan gratis ongkos kirim terhadap perilaku Impulsive Buying: Studi pada mahasiswa angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pengguna Platform TikTok

Sari, Ria Nur Intan (2025) Pengaruh Content Marketing, Live Streaming, dan gratis ongkos kirim terhadap perilaku Impulsive Buying: Studi pada mahasiswa angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pengguna Platform TikTok. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIARISM)
lembarpernyataanbebasplagiarism .pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi, khususnya di kalangan generasi muda. TikTok sebagai platform media sosial tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga menjadi sarana pemasaran melalui strategi content marketing, live streaming, dan gratis ongkos kirim. Fenomena ini memunculkan dorongan belanja yang spontan atau dikenal dengan perilaku impulsive buying, terutama pada mahasiswa sebagai pengguna aktif media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari content marketing, live streaming, dan gratis ongkos kirim tiktok terhadap perilaku impulsive buying pada mahasiswa angkatan 2021 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pengguna platform TikTok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, serta teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 99 responden. Pengujian yang digunakan adalah Analisis Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Berganda, dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying dapat dilihat dari uji t (parsial) bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 4,922 > 1,985 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying dapat dilihat dari uji t (parsial) bahwa nilai thitung < ttabel yaitu 0,099 < 1,985 dan nilai signifikansi 0,922 > 0,05. Gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying dapat dilihat dari uji t (parsial) bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 2,583 > 1,985 dan nilai signifikansi 0,011 < 0,05. Secara simultan ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulsive buying, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung > Ftabel yaitu 25,792 > 2,70. Besarnya pengaruh secara keseluruhan menggunakan uji koefisien determinasi sebesar 43,1% dan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Content Marketing; Live Streaming; Gratis Ongkos Kirim; Impulsive Buying; TikTok
Subjects: General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ria Nur Intan Sari
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:26
Last Modified: 08 Jul 2025 02:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111538

Actions (login required)

View Item View Item