Ichsan, Mochamad Nur (2025) Implikasi pragmatik dan pedagogik metode hiwar dalam Al-Qur`an surah Maryam. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Pernyataan Penulis (1).pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (863kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang metode hiwar dalam Al-Qur`an surah Maryam yang dianalisis berdasarkan pragmatik dan pedagogik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ayat-ayat dalam surah Maryam yang metode penyampaiannya berupa hiwar yang dianalisis berdasarkan pragmatik dan pedagogik. Pendidikan Islam adalah selalu didasarkan pada ajaran yang termuat dalam Al-Qur`an dan al-Sunnah. Al-Qur`an sebagai pedoman hidup manusia, menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa pengantarnya. Dalam memahami bahasa Arab pragmatik merupakan salah satu pendekatan kebahasaannya, dengan beberapa tahapan analisis pada aspek sintaksis, aspek semantis, kemudian aspek pragmatis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi (content analysis). Dalam pengumpulan datanya, peneliti menggunakan studi pustaka untuk membangun kerangka teoritis atau memahami konteks masalah penelitian. Mengumpulkan ayat-ayat hiwar dalam Al-Qur`an surah Maryam dan dianalisis berdasarkan pragmatik dan pedagogik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Hiwar dalam surah Maryam mencakup: a) hiwar antara Allah dan nabi Zakariya ayat 3-15; b) hiwar antara malaikat Jibril dan Maryam ayat 18-26; c) hiwar antara Maryam, Nabi Isa dan kaum Bani Israil ayat 27-33; d) hiwar antara nabi Ibrahim dan ayahnya; dan e) hiwar antara Allah dan orang kafir di akhirat ayat 82-95 yang memiliki jenis hiwar berbeda-beda meliputi hiwar khithabi, ta’abbudi, tarbawi, qashashi, nafsi, washfi, jadali dan targhibi wa tarhibi. 2) Aspek pragmatik dari ayat-ayat hiwar dalam surah Maryam adalah a) menegaskan kekuasaan Allah dalam menciptakan mukjizat (kelahiran Yahya dan Isa); b) menekankan tauhid, penolakan terhadap syirik dan pentingnya dakwah dengan hikmah; c) membantah ketuhanan selain Allah (khususnya terkait Isa); dan d) peringatan tentang hari akhir dan konsekuensi penyembahan yang batil 3) Aspek pedagogik dari ayat-ayat hiwar dalam surah Maryam adalah surah ini cocok diajarkan dengan model campuran (cerita, diskusi, analisis, dan aplikasi kehidupan). Fokusnya pada: ketauhidan (melawan syirik), kekuasaan Allah (mukjizat), keteladanan (sabar, berdakwah, menjaga martabat), refleksi akhirat (keadilan Allah). Dengan metode efektif: storytelling, debat terpimpin, proyek analisis tema, dan penulisan refleksi pribadi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hiwar; pedagogik; pragmatik; surah Maryam |
Subjects: | Arabic Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Education, Research of Language, Related Topics of Language |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nur Ichsan Mochamad |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 04:25 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 04:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |