mustapidah, hidayatul (2025) Penerapan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction (ICI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran IPAS. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (378kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa, yang dimana terdapat 43% siswa dari 30 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM pada pengerjaan soal HOTS yang diberikan. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu karena penerapan model pembelajaran yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV yang menggunakan model Interactive Conceptual Instruction (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV yang menggunakan model Direct Instruction (3) mendeskripsikan proses model Interactive Conceptual Instruction dan model Direct Instructio (4) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV yang menggunakan model Interactive Conceptual Instruction dengan yang menggunakan model Direct Instruction. Model pembelajaran Interactive Conceptual Intruction merupakan model pembelajaran yang berfokus pada pemahaman konsep siswa berdasarkan kemampuan berpikirnya dengan interaksi aktif antara guru dan siswa maupun siswa dengan siswa yang berlandaskan pembelajaran secara kontruktivistik. Pada model ini, siswa dilatih berpikir kritis dengan menggabungkan pemahaman konsep yang dimiliki siswa dengan materi pembelajaran yang akan dipelajari, serta siswa dapat berinteraksi aktif dengan melakukan sebuah praktik/demonstrasi. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Data diperoleh dengan teknik pengumpuan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 1 Kota Bandung dengan sampel penelitian siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa dan siswa keas IV C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen sebelum diberikan treatment memperoleh nilai rata-rata pretest 36,6 dan di kelas kontrol sebesar 39. Adapun kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen setelah diberikan treatment memperoeh niai rata-rata posttest 72 dan di kelas kontrol sebesar 63,8. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara kedua kelas yang dibuktikan dengan hasi uji t-independent dimana hasilnya menunjukan niai sig. 0,02 < 0,05 sehingga H₀ ditolak yang berarti terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV yang menggunakan model Interactive Conceptual Instruction dengan yang menggunakan model Direct Instruction. Serta pada hasil uji Ngain yang menunjukan nilai rata-rata 56 pada kelas eksperimen dengan kriteria cukup efektif sedangkan pada kelas kontrol memperoleh niai rata-rata 40 dengan kriteria kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bepikir kritis; ici; di |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hidayatul Hida Hida |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:28 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/111852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |