Shiyam, Aliya Putri Nurul (2025) Peran guru bimbingan konselinga dalam meningkatkan kualitas hidup siswa di sekolah: Penelitian di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bayongbong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3 (9).pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan siswa di MA Muhammadiyah Bayongbong pada masa remaja mengalami tantangan yang signifikan termasuk pada kecemasan dan stress terhadap masa depan yang akan datang. Kualitas hidup siswa yang dapat menentukan keterampilan dalam menghadapi tantangan yang terjadi. Teknologi mempengaruhi siswa terhadap hubungan sosial. Masa remaja adalah peralihan antara anak-anak menjadi dewasa hal ini menjadikan siswa untuk meningkatkan potensi dan keterampilan dalam menyiapkan kebutuhan untuk karir. Pada aspek spiritualitas penting dalam pemahaman mengenai kehidupan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji lebih dalam terhadap peran guru bimbingan konseling. Menganalisis peran guru bimbingan konseling yang dapat mempengaruhi siswa dalam meningkatkan potensi dan keterampilan yang dibutuhkan siswa Mengidentifikasi hambatan yang dapat mempengaruhi kegiatan layanan bimbingan dan konseling. Sehingga dapat mengevaluasi peran guru bimbingan konseling terhadap peningkatan kualitas hidup siswa yang dapat mendukung perkembangan sosial, spiritual dan karir. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan data deskriptif melalui wawancara dan observasi memberikan pemahaman yang mendalam mengenai masalah, gejala, dan fakta yang terjadi di lokasi penelitian MA Muhammadiyah Bayongbong dapat memberikan gambaran secara komprehensif. mengenai peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kualitas hidup siswa. Teori konseling humanistik Carl Rogers relevan dengan peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kualitas hidup siswa melalui hubungan positif dan lingkungan sehat. Guru bimbingan konseling mendorong siswa menggali potensi mereka, sementara Al-Hikmah mengajarkan penerimaan tanpa syarat dan empati. Komunikasi terbuka membuat siswa merasa dihargai, mendukung perkembangan akademis dan spiritual mereka, serta membantu mencapai kualitas hidup yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukan : 1). peran guru bimbingan konseling di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Bayongbong berfungsi sebagai informator, konsultan, motivator dalam memberikan bantuan terhadap sosial, spiritual dan karir siswa. 2). tantangan yang terdapat dalam kegiatan bimbingan konseling terdapat pada keterbatasan waktu untuk program yang terdapat dan kurangnya pemahaman siswa dalam bimbingan konseling. 3). kontribusi pada guru terhadap aspek sosial, spiritual, dan karir dengan melalui peningkatan hubungan sosia, mengintegrasikan nilai agama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Peran Guru BK; Kualitas Hidup Siswa; Konseling Humanistik; AlHimkah |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | aliya putri |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |