Rosidah, Siti (2021) Analisis miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
01_cover.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
skbebasplagiarism_sitirosidah (1).pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
03_daftar isi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
04_bab1.pdf Download (284kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
05_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
06_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
07_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
08_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Lampiran_Siti Rosidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih banyak mahasiswa matematika yang mengalami miskonsepsi pada mata kuliah Geometri Analitik, sehingga perlu diketahui faktor-faktor penyebab mahasiswa mengalami hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif fenomenograpi yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning dan persentase miskonsepsi yang terjadi pada mata kuliah geometri analitik online learning serta faktor penyebab miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil analisis diperoleh bahwa jawaban mahasiswa melakukan beberapa jenis miskonsepsi yaitu miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi sistematis, miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi. Persentase masing-masing miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning diperoleh sebesar 90% untuk miskonsepsi terjemahan, sebesar 55% untuk miskonsepsi sistematis, sebesar 41% untuk miskonsepsi konsep, dan sebesar 18% untuk miskonsepsi strategi. Penyebab miskonsepsi diantaranya mahasiswa tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada saat latihan soal, mahasiswa keterbatasan waktu dalam menyelesaikan soal sehingga tergesa-gesa dalam pengerjaannya, mahasiswa tidak memahami konsep sehingga binggung untuk menentukan penyelesaian,mahasiswa tidak dapat menentukan rumus yang harus digunakan dengan benar, mahasiswa mengalami kesalahan dalam menuliskan langkah-langkah yang sesuai dalam proses penyelesaian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Miskonsepsi;Geometri Analitik;Online Learning |
Subjects: | Geometry > Analytic Geometries |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | siti rosidah |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |