Analisis miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning

Rosidah, Siti (2021) Analisis miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skbebasplagiarism_sitirosidah (1).pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03_daftar isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
06_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
07_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
08_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
10_Lampiran_Siti Rosidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masih banyak mahasiswa matematika yang mengalami miskonsepsi pada mata kuliah Geometri Analitik, sehingga perlu diketahui faktor-faktor penyebab mahasiswa mengalami hal tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif fenomenograpi yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning dan persentase miskonsepsi yang terjadi pada mata kuliah geometri analitik online learning serta faktor penyebab miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil analisis diperoleh bahwa jawaban mahasiswa melakukan beberapa jenis miskonsepsi yaitu miskonsepsi terjemahan, miskonsepsi sistematis, miskonsepsi konsep dan miskonsepsi strategi. Persentase masing-masing miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah geometri analitik melalui online learning diperoleh sebesar 90% untuk miskonsepsi terjemahan, sebesar 55% untuk miskonsepsi sistematis, sebesar 41% untuk miskonsepsi konsep, dan sebesar 18% untuk miskonsepsi strategi. Penyebab miskonsepsi diantaranya mahasiswa tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada saat latihan soal, mahasiswa keterbatasan waktu dalam menyelesaikan soal sehingga tergesa-gesa dalam pengerjaannya, mahasiswa tidak memahami konsep sehingga binggung untuk menentukan penyelesaian,mahasiswa tidak dapat menentukan rumus yang harus digunakan dengan benar, mahasiswa mengalami kesalahan dalam menuliskan langkah-langkah yang sesuai dalam proses penyelesaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Miskonsepsi;Geometri Analitik;Online Learning
Subjects: Geometry > Analytic Geometries
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: siti rosidah
Date Deposited: 15 Jul 2025 06:26
Last Modified: 15 Jul 2025 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112093

Actions (login required)

View Item View Item