Hala, Noor Najmi (2025) Penerapan metode pembelajaran total Physical Response (TPR) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa : Penelitian tindakan di kelas III MI Daarusshofa Karang Tengah Kota Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
Form-Keterangan-LULUS-Cek-Plagiasi-NOOR NAJMI HALA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
4_Daftarisi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
5_Bab1.pdf Download (575kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil observasi dan informasi yang di dapat dari guru Bahasa Inggris kelas III di MI Daarusshofa Karang Tengah, diketahui bahwa terdapat 5 (20,83%) siswa dari 24 siswa yang masih kurang dalam keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Masalah tersebut dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif, seperti metode ceramah atau pembelajaran satu arah. Tujuan dilakukannya penelitian ini diantaranya adalah, untuk mengetahui 1) Keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa sebelum di terapkan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) 2) Proses penerapan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR) dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris 3) Keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa setelah di terapkan metode pembelajaran Total Physical Response (TPR). Penelitian ini menggunakan metode Penlitian Tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan mix method yaitu penggabungan antara metode kualitatif dengan kuantiatif. Kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran metode TPR, dan data kuantitatif digunakan untuk menghitung presentase keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Sumber data di dapatkan dari proses pembelajaran yang di lakukan guru di Kelas MI Daarusshofa dan dikuatkan oleh studi Pustaka. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa sebelum diterapkanya metode TPR pada pra-siklus masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM yaitu 70 dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang memperoleh 54% dan nilai rata-rata 65,58 dengan kategori kurang. 2) Pada Proses penerapan metode TPR di setiap siklus berjalan dengan lancar, dapat dilihat dari observasi aktivitas guru dan siswa. Siklus 1 aktivitas siswa mencapai 78% kemudian Siklus 2 meningkat menjadi 89%. Adapun aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 94,74% dan Siklus 2 mencapai 100%. 3) Hasil tes keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan metode pembelajaran TPR pada siklus 1 memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 67% dan nilai rata-rata sebesar 71,12 dengan kriteria cukup, pada siklus 2 keterampilan belajar bahasa Inggris siswa meningkat dengan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 83% dan nilai rata-rata sebesar 73,74 dengan kriteria baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Total Physical Response; Keterampilan Berbicara; Bahasa Inggris |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Elementary Education > Language Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Hala Noor Najmi |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 03:39 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 03:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |