Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Len Industri (Persero) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan lingkungan

Rizky, Muhamad (2025) Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Len Industri (Persero) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial dan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Corporate Social Responsibility (CSR) adalah aktivitas strategis yang bertujuan memberikan kontribusi sosial dan lingkungan secara berkelanjutan, sekaligus membangun reputasi positif perusahaan di mata pemangku kepentingan. PT Len Industri (Persero), sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang teknologi dan industri strategis, memanfaatkan program CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial sekaligus strategi komunikasi korporat untuk memperkuat citra perusahaan. Perusahaan ini menjadi objek penelitian yang relevan karena komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan melalui program CSR yang menyasar bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan lingkungan, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengelolaan program corporate social sesponsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT Len Industri (Persero) dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan divisi CSR PT Len Industri (Persero) dan observasi partisipatif pasif. Teori yang digunakan adalah konsep manajemen CSR menurut Jackie Ambadar yang terdiri dari empat tahap yaitu: needs assessment, implementation action plan, monitoring, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Len Industri (Persero) melaksanakan CSR secara sistematis dan terstruktur. PT Len Industri (Persero) menerapkan konsep manajemen csr Jackie Ambadar sebagai berikut: (1) identifikasi kebutuhan masyarakat dimulai dengan pemetaan sosial (social mapping) dan survei secara langsung; (2) Rencana aksi pelaksanaan di awali dengan mengkaji data hasil survei dan merancang kebutuhan pelaksanaan program, kemudian dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat secara aktif; (3) Proses monitoring dilakukan secara berkala untuk mengukur efektivitas program, dan (4) Evaluasi yang dilakukan digunakan untuk meningkatkan kualitas program di masa mendatang. Implementasi CSR PT Len tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, tetapi juga memperkuat reputasi perusahaan sebagai BUMN yang peduli terhadap lingkungan dan sosial. ENGLISH: Corporate Social Responsibility (CSR) is a strategic activity aimed at providing sustainable social and environmental contributions, while building a positive corporate reputation in the eyes of stakeholders. PT Len Industri (Persero), as a state-owned enterprise operating in the field of technology and strategic industries, utilizes CSR programs as a form of social responsibility and corporate communication strategy to strengthen the company's image. This company is a relevant research subject due to its commitment to sustainable development through CSR programs targeting education, economic empowerment, and the environment, with the aim of improving community welfare. This study aims to understand how PT Len Industri (Persero) manages its Corporate Social Responsibility (CSR) program in an effort to improve social and environmental welfare. This study uses a qualitative approach with descriptive methods and a constructivist paradigm. Data collection techniques were carried out through in-depth interviews with the CSR division of PT Len Industri (Persero) and passive participatory observation. The theory used is Jackie Ambadar's CSR management concept, which consists of four stages: needs assessment, implementation action plan, monitoring, and evaluation. The results of the study indicate that PT Len Industri (Persero) implements CSR in a systematic and structured manner. PT Len Industri (Persero) applies Jackie Ambadar's CSR management concept as follows: (1) identifying community needs begins with social mapping and direct surveys; (2) the implementation action plan starts with analyzing survey data and designing program implementation needs, followed by active community involvement in the implementation; (3) monitoring is conducted periodically to measure program effectiveness; and (4) evaluations are used to improve program quality in the future. PT Len's CSR implementation not only benefits the surrounding community but also strengthens the company's reputation as a state-owned enterprise that cares about the environment and society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility; Manajemen CSR; Kesejahteraan Sosial; Lingkungan; PT Len Industri (Persero)
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Muhamad Rizky
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:28
Last Modified: 15 Jul 2025 02:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112314

Actions (login required)

View Item View Item