Penerapan model pembelajaran Dragon Ball untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Solokan Jeruk

Sanjaya, Asep Trisna (2025) Penerapan model pembelajaran Dragon Ball untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Solokan Jeruk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Asep Trisna Sanjaya, 1212020039, 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Dragon Ball untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI”(Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Solokan Jeruk) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Solokanjeruk. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa, yang masih di bawah nilai KKM, di kelas VIII B dari jumlah 37 peserta didik, ada 18 peserta didik yang memiliki nilai sumatif masih kurang, yang berarti 49% dari hasil belajar peserta didik harus ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI sebelum menggunakan model pembelajaran Dragon Ball dan model pembelajaran Direct Intruction. 2) Penerapan model pembelajaran Dragon Ball dan Direct Intruction di kelas VIII pada mata pelajaran PAI. 3) Hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Dragon Ball dan Direct Intruction. 4) Peningkatan penggunaan model pembelajaran Dragon Ball terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada pelajaran PAI.Model Pembelajaran Dragon Ball merupakan inovasi pendidikan baru yang memadukan model pembelajaran Open-Ended dan Snowball Throwing. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Ha: Terdapat peningkatan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Dragon Ball terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif analisis, uji normalitas, uji homogenitas, normal gain, dan uji t Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Dragon Ball di kelas eksperimen yaitu 52 dan Direct Intruction di kelas kontrol yaitu 53. 2) Penerapan model pembelajaran Dragon Ball dan Direct Intruction termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Dragon Ball adalah 86 sedangkan Direct Intruction adalah 69. 4) Peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori yang tinggi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Dragon Ball dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata Pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 1 Solokan Jeruk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Dragon Ball; Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Trisna Sanjaya
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:52
Last Modified: 16 Jul 2025 03:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112454

Actions (login required)

View Item View Item