Sanjaya, Asep Trisna (2025) Penerapan model pembelajaran Dragon Ball untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI: Penelitian quasi eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Solokan Jeruk. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (413kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Asep Trisna Sanjaya, 1212020039, 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Dragon Ball untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI”(Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas VIII SMPN 1 Solokan Jeruk) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Solokanjeruk. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata siswa, yang masih di bawah nilai KKM, di kelas VIII B dari jumlah 37 peserta didik, ada 18 peserta didik yang memiliki nilai sumatif masih kurang, yang berarti 49% dari hasil belajar peserta didik harus ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI sebelum menggunakan model pembelajaran Dragon Ball dan model pembelajaran Direct Intruction. 2) Penerapan model pembelajaran Dragon Ball dan Direct Intruction di kelas VIII pada mata pelajaran PAI. 3) Hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Dragon Ball dan Direct Intruction. 4) Peningkatan penggunaan model pembelajaran Dragon Ball terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada pelajaran PAI.Model Pembelajaran Dragon Ball merupakan inovasi pendidikan baru yang memadukan model pembelajaran Open-Ended dan Snowball Throwing. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah Ha: Terdapat peningkatan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Dragon Ball terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif analisis, uji normalitas, uji homogenitas, normal gain, dan uji t Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran Dragon Ball di kelas eksperimen yaitu 52 dan Direct Intruction di kelas kontrol yaitu 53. 2) Penerapan model pembelajaran Dragon Ball dan Direct Intruction termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Dragon Ball adalah 86 sedangkan Direct Intruction adalah 69. 4) Peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori yang tinggi. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Dragon Ball dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata Pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 1 Solokan Jeruk.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran; Dragon Ball; Kognitif |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asep Trisna Sanjaya |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:52 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112454 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |