Burhani, Ulfah Khodijah (2025) Analisis pelayanan haji terhadap jemaah lansia di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat tahun 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
SK BEBAS PLAGIARISME.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya jumlah jemaah haji lansia setiap tahunnya, serta pentingnya pelayanan yang ramah lansia dalam mendukung kelancaran ibadah haji. Mengingat Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah lansia terbanyak, maka Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat memiliki peran sentral dalam memastikan seluruh proses keberangkatan jemaah, khususnya lansia, berjalan lancar dan aman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan haji bagi jemaah lansia berdasarkan lima dimensi yaitu keandalan, daya tanggap, kepastian, empati dan fasilitas pelayanan yang dilakukan kepada jemaah lansia di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat pada tahun 2024. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kualitas pelayanan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, yang menekankan bahwa kualitas pelayanan dapat diukur dari lima dimensi utama, yaitu: keandalan, daya tanggap, kepastian, empati, dan bukti fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif serta menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap pihak-pihak terkait yaitu Ketua Tim pada Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang lansia embarkasi, serta jemaah haji lansia Jawa Barat tahun 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat telah berjalan dengan baik dan mencerminkan impelementasi pelayanan haji bagi jemaah lansia berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan, yaitu: 1) pada dimensi keandalan, pelayanan diberikan sesuai kebijakan seperti percepatan pemberangkatan, pelunasan, pendampingan serta tersedianya petugas khusus lansia di embarkasi; 2) pada dimensi daya tanggap, penggunaan aplikasi Kawal Haji dan respon cepat petugas menunjukkan kesiapsiagaan yang baik; 3) dimensi kepastian, terdapat pelatihan bimbingan teknis dan profesionalitas petugas membangun rasa aman bagi jemaah; 4) dimensi empati tampak dari layanan makan dengan menu khusus, transportasi, serta pendekatan personal yang ramah; dan 5) pada dimensi bukti fisik, tersedia kamar lansia di lantai dasar, fasilitas kursi roda dan jalur khusus serta tersedia posko lansia, meskipun masih terdapat kekurangan pada kamar mandi dan kenyaman di asrama embarkasi. Secara umum pelayanan haji bagi jemaah lansia telah berjalan dengan baik, namun hasil analisis menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan pada aspek fasilitas fisik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis pelayanan haji; jemaah lansia; kualitas pelayanan; |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah |
Depositing User: | Ulfah Khodijah Burhani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:52 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/112959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |