Nurbarokah, Apriani Citra (2025) Motivasi belajar siswa menggunakan media game Kahoot hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti: Penelitian pada siswa kelas X TKJ SMKN 13 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
3_skbebasplagiarism.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
4_daftarisi.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
5_bab1.pdf Download (144kB) | Preview |
|
![]() |
Text
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara motivasi belajar siswa menggunakan media game Kahoot dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X TKJ SMKN 13 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motivasi belajar siswa menggunakan media game Kahoot pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X TKJ SMKN 13 Bandung, 2) Hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X TKJ SMKN 13 Bandung, 3) Motivasi belajar siswa menggunakan media Game Kahoot hubungannya dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X TKJ SMKN 13 Bandung. Menurut Deviyanti, hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh motivasi belajar, sementara penelitian Sayyidah menunjukkan media game Kahoot efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara motivasi belajar siswa menggunakan media game Kahoot dengan hasil belajar kognitif mereka pada mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sumber data berasal dari siswa kelas X TKJ SMKN 13 Bandung dengan populasi sebanyak 103 siswa, dan diambil 46 sampel. Penelitian dilaksanakan di SMKN 13 Bandung pada tanggal 8–9 Mei 2025. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Motivasi belajar siswa menggunakan media game Kahoot termasuk dalam kualifikasi tinggi, dengan nilai rata-rata 4,07 dan berada pada interval 3,40 – 4,19, 2) Hasil belajar kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti tergolong sangat tinggi, dengan nilai rata-rata 0,82 yang berada pada interval 80 – 100, 3) Motivasi belajar siswa menggunakan media game Kahoot hubungannya dengan hasil belajar Kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMKN 13 Bandung berada dalam kategori kuat, dengan nilai korelasi 0,801 berada pada interval 0,80 - 0,99. Hasil uji hipotesis yaitu 8,869 > 1,680 atau thitung > ttabel, maka Ha diterima atau terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Adapun pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 64,1% dan sisanya 35,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar; Media Kahoot; Hasil Belajar Kognitif; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Apriani Citra Nurbarokah |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 01:22 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 01:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |