Pengaruh bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok terhadap minat dan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam siswa MTsN 1 Rokan Hilir Riau

Ali, Muhammad (2025) Pengaruh bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok terhadap minat dan hasil belajar sejarah kebudayaan Islam siswa MTsN 1 Rokan Hilir Riau. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
10_Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas. Hal ini menyebabkan minat dan hasil belajar siswa kurang sehingga siswa tidak dapat mengambil ibrah. Permasalahan ini penting untuk dikaji karena hal yang demikian itu penting dalam proses pembelajaran yang harus dimiliki oleh setiap siswa dengan baik. Bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok ditawarkan sebagai salah satu solusi terhadap permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang tidak menggunakan bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok di MTsN 1 Rokan Hilir Riau; 2) Gambaran proses pembelajaran menggunakan bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok di MTsN 1 Rokan Hilir Riau; 3) Pengaruh bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Rokan Hilir Riau; 4) Pengaruh bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Rokan Hilir Riau; 5) Pengaruh bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 1 Rokan Hilir Riau. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian true experimental design bentuk posttest only. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan studi dokumen. Analisis datanya menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukan: 1) Minat dan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran konvensional belum mampu mempengaruhi minat dan hasil belajar siswa secara signifikan; 2) Implementasi bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Rokan Hilir dilakukan melalui tahapan yang sistematis dan terstruktur disesuaikan dengan modul ajar yang disusun. Implementasi bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok dielaborasi dalam modul ajar dengan model Problem Based Learning (PBL) serta metode diskusi dan presentasi; 3) Bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 1 Rokan Hilir memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa; 4) Bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 1 Rokan Hilir memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar; 5) Bahan ajar video nyanyian sejarah di TikTok pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTsN 1 Rokan Hilir memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; TikTok; Minat Belajar; Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tuan Muhammad Ali
Date Deposited: 24 Jul 2025 02:25
Last Modified: 24 Jul 2025 02:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113243

Actions (login required)

View Item View Item