Wulansari, Anisa (2025) Hubungan perubahan status kelembagaan dengan mutu pendidikan: Penelitian di MTsN 8 Sumedang dan MTsN 14 Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (487kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
MTsN 8 Sumedang dan MTsN 14 Tasikmalaya menghadapi berbagai permasalahan dalam proses transformasi menuju madrasah negeri. Tantangan yang muncul meliputi kendala birokrasi, sengketa hukum atas kepemilikan tanah, serta keterbatasan sumber daya manusia dan infrastruktur. Meskipun telah menerima dukungan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kedua madrasah ini masih mengalami kendala terkait status guru honorer, penyesuaian kurikulum, dan sarana prasarana yang belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan proses perubahan status kelembagaan di MTsN 8 Sumedang dan MTsN 14 Tasikmalaya 2) mengungkap mutu pendidikan di MTsN 8 Sumedang dan MTsN 14 Tasikmalaya 3) menunjukkan hubungan perubahan status kelembagaan dengan mutu pendidikan di MTsN 8 Sumedang dan MTsN 14 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dengan skala Likert yang terdiri atas lima pilihan jawaban. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis parsial indikator), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, dan uji korelasi), serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan status kelembagaan berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 2,89, dan mutu pendidikan juga berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 3,01. Hasil analisis korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi < 0,001 dan koefisien korelasi sebesar -0,115 yang termasuk kategori sangat lemah, sehingga tidak terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara kedua variabel. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,439 menunjukkan bahwa 43,9% variasi dalam mutu pendidikan dijelaskan oleh perubahan status kelembagaan madrasah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan; Perubahan Status Kelembagaan; dan Mutu Pendidikan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities General Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anisa Wula Ica Ica |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |