Pengaruh strategi pemasaran jasa pendidikan terhadap kepuasan layanan bagi peserta didik di MTs Yasta Bunter Sumedang

As-Syihab, Najia Fauziah (2025) Pengaruh strategi pemasaran jasa pendidikan terhadap kepuasan layanan bagi peserta didik di MTs Yasta Bunter Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_lembarpernyataankaryasendiri.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan dan persaingan yang semakin ketat antar lembaga, institusi pendidikan dituntut untuk dikelola secara profesional, termasuk dalam hal memasarkan layanan yang mereka tawarkan. Pemasaran memiliki peran penting dalam menyampaikan nilai dan keunggulan lembaga, membangun hubungan baik dengan peserta didik dan orang tua, serta menciptakan kepuasan dan loyalitas terhadap layanan pendidikan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran jasa pendidikan terhadap kepuasan layanan bagi peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Yasta Bunter Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuesioner) yang terdiri dari 37 item pernyataan dengan jumlah responden 77 orang. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji instrument penelitian (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik (analisis persial per indikator), uji asumsi klasik (uji normalitas dan linearitas), dan uji hipotesis (uji t, uji regresi linear sederhana, dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MTs Yasta Bunter tergolong pada kualifikasi “Cukup” dengan nilai rata-rata 3,06. (2) Kepuasan Layanan Bagi Peserta Didik di MTs Yasta Bunter tergolong pada kualifikasi “Cukup” dengan nilai rata-rata 3,18. (3) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Layanan Bagi Peserta Didik, hal ini dibuktikan oleh nilai t hitung 5,197 > t tabel 1,665. Berdasarkan uji koefisien determinasi nilai R square diperoleh hasil sebesar 0,265 yang artinya bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan mempengaruhi kepuasan layanan bagi peserta didik sebesar 26,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Kepuasan Layanan; Peserta Didik
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fauziah Najia
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:33
Last Modified: 31 Jul 2025 07:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113695

Actions (login required)

View Item View Item