Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah

Ramadanti, Nurpauziah (2025) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_SK Bebas Plagiasi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_Bab I.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (BAB III)
7_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB IV)
8_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ar-Rifa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan hasil tes awal, dari 24 siswa terdapat 14 siswa (59%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 59,6 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 41%. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional yang kurang interaktif serta minimnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ar-Rifa sebelum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz. 2) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Ar-Rifa pada mata pelajaran IPA. 3) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI Ar-Rifa’, dengan menggunakan pendekatan mix method, pendekatan ini merupakan prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata dari 59,5 pada pra siklus menjadi 68,5 pada siklus I, dan 75,0 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal juga meningkat dari 41% pada pra siklus, menjadi 62% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Dengan capaian tersebut, maka indikator keberhasilan ≥75% telah terpenuhi, yang mencerminkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz; Kemampuan Berpikir Kreatif; Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurpauziah Tanti Tanti
Date Deposited: 31 Jul 2025 07:11
Last Modified: 31 Jul 2025 07:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113818

Actions (login required)

View Item View Item