Fadilah, Rifki (2025) Peningkatan kemampuan komunikasi dan self esteem matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
surat bebas plagiasi.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (489kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (769kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) gambaran keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik, b) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional c) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional d) perbedaan peningkatan self esteem matematis peserta didik antara sebelum dan sesudah mendapatkan pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yang diberi perlakuan berbeda, kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran Visual Thinking berbantuan Symbolab dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 54 Bandung. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self esteem matematis. Hasil penelitian ini yaitu: (a) gambaran keterlaksanaan aktivitas guru berkategori sangat baik dan keterlaksanaan peserta didik berkategori baik; (b) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) terdapat perbedaan peningkatan self esteem matematis peserta didik antara sebelum dan sesudah mendapatkan pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis; pendekatan visual thinking; self esteem; symbolab |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rifki Fadilah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:39 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113998 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |