Peningkatan kemampuan komunikasi dan self esteem matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab

Fadilah, Rifki (2025) Peningkatan kemampuan komunikasi dan self esteem matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
surat bebas plagiasi.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui a) gambaran keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik, b) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional c) perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional d) perbedaan peningkatan self esteem matematis peserta didik antara sebelum dan sesudah mendapatkan pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas yang diberi perlakuan berbeda, kelas eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran Visual Thinking berbantuan Symbolab dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 54 Bandung. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self esteem matematis. Hasil penelitian ini yaitu: (a) gambaran keterlaksanaan aktivitas guru berkategori sangat baik dan keterlaksanaan peserta didik berkategori baik; (b) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis peserta didik melalui pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) terdapat perbedaan peningkatan self esteem matematis peserta didik antara sebelum dan sesudah mendapatkan pendekatan pembelajaran visual thinking berbantuan symbolab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; pendekatan visual thinking; self esteem; symbolab
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rifki Fadilah
Date Deposited: 04 Aug 2025 03:39
Last Modified: 04 Aug 2025 03:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/113998

Actions (login required)

View Item View Item