Salsabila, Luthfiah Fazriah (2025) Hubungan kompetensi pedagogik guru dengan kualitas pembelajaran; Penelitian di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Ikhlas dan Qurrota A'yun Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI)
3_skbebasplagiarism.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (363kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Namun, di Indonesia, kualitas pendidikan masih menjadi tantangan besar, di mana peran guru sebagai pendidik profesional sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Kompetensi pedagogik guru, yang meliputi kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, menjadi faktor kunci dalam menciptakan proses belajar yang efektif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Ikhlas dan Qurrota A’yun Kabupaten Garut, di mana terdapat variasi kualitas pembelajaran yang diduga berkaitan dengan kompetensi pedagogik guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru, kualitas pembelajaran, serta menganalisis hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian mencakup seluruh guru di kedua sekolah tersebut, berjumlah 41 orang, dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner menggunakan skala Likert, kemudian dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta uji korelasi Pearson dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berada pada kategori "Sangat Tinggi" dengan rata-rata skor 4,31, sedangkan kualitas pembelajaran juga tergolong "Sangat Tinggi" dengan rata-rata skor 4,23. Temuan utama penelitian ini adalah adanya hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kualitas pembelajaran, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,790 dan signifikansi 0,001. Koefisien determinasi sebesar 62,3% menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru memberikan kontribusi besar terhadap kualitas pembelajaran, sementara sisanya 37,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Hasil ini memperkuat pentingnya pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pedagogik guru; kualitas pembelajaran, Sekolah Dasar Islam Terpadu |
Subjects: | Education > General Publications of Education General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | luthfiah salsabila |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:56 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114018 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |