Pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan Game Who Am I pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa

Wirayuda, Ryan (2025) Pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan Game Who Am I pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISM)
3_Keterangan Bebas Plagiarism.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_Daftar Isi.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text (BAB III)
7_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB IV)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Materi hidrokarbon memiliki karakteristik yang menuntut pemahaman konsep yang mendalam sehingga menurunkan minat dan pemahaman siswa karena model dan media pembelajaran yang kurang menarik. Pembelajaran inkuiri terbimbing dan penggunaan game edukasi interaktif dapat meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validasi dan kelayakan media game Who Am I, Mendeskripsikan aktivitas pembelajaran siswa dan menganalisis peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-Kimia Analis pada Pelajaran kimia yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni lembar validasi dan kelayakan, lembar observasi aktivitas pembelajaran dan pretest-posttest. Hasil uji validasi diperoleh rata-rata rhitung sebesar 0,88 untuk uji validasi game dan uji validasi materi diperoleh rata-rata rhitung sebesar 0,87. Hasil uji kelayakan diperoleh nilai rata-rata sebesar 86,90%. Hasil observasi aktivitas siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 88 dan untuk hasil peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,798 yang menandakan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa teridentifikasi berada pada kategori tinggi. Hal tersebut menandakan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan Game Who Am I pada materi hidrokarbon mampu meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Game Who Am I; Hidrokarbon; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Subjects: Science and Religion
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Organic Chemistry
Organic Chemistry > Organic Chemical Reactions
Game of Chance > Game with Dice
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ryan Wirayuda
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:44
Last Modified: 06 Aug 2025 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114173

Actions (login required)

View Item View Item