Muksodi, Hanifah Ramdhania (2025) Pengaruh bimbingan karier Islami dengan Teknik Vision Board terhadap penguatan adaptabilitas pemilihan karier siswa: Penelitian di SMK Negeri 1 Soreang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
bab i.pdf Download (316kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab ii.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab iii.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab iv.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Siswa SMK (SMK) berada dalam masa transisi karier dan harus mempersiapkan diri menjadi tenaga siap pakai di dunia industri. Namun, seringkali minat dan bakat mereka tidak sesuai dengan pembelajaran di SMK, yang dapat mengurangi semangat menghadapi tantangan. Kondisi tersebut menunjukkan perlunya intervensi bimbingan yang bersifat informatif dan meyentuh. Dengan demikian, bimbingan karier Islami dari guru BK sangat penting untuk mengembangkan dan memelihara adaptabilitas pemilihan karier siswa. Salah satu teknik yang dapat digunakan adalah alat untuk memvisualisasikan tujuan dan aspirasi siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan fokus dalam mewujudkan karier yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Penelitian bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh bimbingan karier Islami teknik vision board terhadap adaptabilitas pemilihan karier siswa SMK Negeri 1 Soreang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif survei dengan pendekatan regresi linier sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 140 siswa kelas X-XI jurusan teknik pengelasan untuk mengukur pengaruh tersebut dengan sampel sebanyak 104 siswa yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Bimbingan karier Islami teknik vision board mengacu pada teori kognitif sosial Albert Bandura (1986), yang menyatakan bahwa pembelajaran dan perilaku manusia tidak hanya dari pengalaman sendiri, tetapi juga dari pengamatan orang lain. Penelitian merujuk pada teori adaptabilitas karier oleh Savickas dan Porfeli (2012), yang mendefinisikan penyesuaian sebagai kemampuan mengatasi perubahan dan tantangan dalam karier. Berdasarkan teori adaptabilitas karier, penyesuaian karier dapat didukung melalui bimbingan karier Islami dengan teknik vision board untuk menvisualisasikan tujuan karier siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa bimbingan karier Islami dengan teknik vision board berpengaruh signifikan terhadap penguatan adaptabilitas pemilihan karier siswa dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,558. Artinya sebesar 55,8% yang mengindikasikan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Variabel adaptabilitas pemilihan karier dipengaruhi oleh pelaksanaan bimbingan karier Islami dengan teknik vision board seperti melatih kemampuan, mengontrol perilaku, dan dukungan sosial yang dapat memberikan kontribusi positif pada penguatan adaptasi karier. Dengan demikian, bimbingan karier Islami dengan teknik vision board terbukti berpengaruh terhadap penguatan adaptabilitas pemilihan karier siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan karier Islami, Teknik Vision Board; Adaptabilitas Pemilihan Karier; Adaptabilitas karier; Kognitif Sosial |
Subjects: | Islam Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Hanifah Ramdhania Muksodi |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 02:20 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 02:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/114191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |